KPU Persiapkan Aturan Rekrutmen Panwaslu

Rabu, 23 April 2008 19:15 WIB | 1144 Views

Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mempersiapkan aturan seleksi calon anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) karena ditargetkan Mei 2008 seluruh anggota Panwaslu baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai pengawas lapangan sudah terbentuk.

"Kami sudah siapkan aturan bagaimana KPU merekrut calon Panwaslu," kata anggota KPU, Abdul Aziz di kantornya Jakarta, Rabu.

Peraturan itu antara lain mengatur bagaimana tata cara rekrutmen dari masyarakat untuk menjadi anggota Panwaslu, mulai dari membuka pengumuman sampai terpilihnya enam orang untuk diajukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Anggota KPU, Endang Sulastri menambahkan, seleksi Panwaslu akan menggunakan anggaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

"Namun, untuk anggaran uji kelayakan dan kepatutan baru menggunakan anggaran Bawaslu," katanya.

Endang mengatakan aturan seleksi calon anggota Panwaslu tersebut sudah 90 persen dan tinggal meminta masukan dari Bawaslu.

Ia menjelaskan, dari aturan yang dipersiapkan, KPU berpandangan seleksi calon anggota Panwaslu dilakukan secara transparans, diumumkan ke media massa, seleksi administrasi, seleksi tertulis, baru kemudian menghasilkan enam orang.

Enam orang tersebut, kemudian mengikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk mendapat tiga orang terpilih anggota Panwaslu.

"Kami harapkan, seleksi untuk Panwaslu kabupaten/kota dilakukan serentak dan Mei 2008 seluruh Panwaslu di daerah sudah terbentuk," katanya.

Target Mei sudah terbentuk Panwaslu, karena pada Juni sudah dilakukan pemutakhiran data pemilih yang memerlukan pengawasan dari Panwaslu.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

JIS bantah larang pegawai beri komentar

JIS bantah larang pegawai beri komentarPihak Sekolah Jakarta International School (JIS) melalui juru bicaranya Daniarti Wusono membantah telah melarang ...

Peresmian "Rumah Menyusui" awal kampanye peduli ibu

Peresmian Peresmian "Rumah Menyusui" di Rumah Sehat Ibu dan Anak Budi Kemuliaan, Jakarta, Senin, menjadi awal kegiatan Kampanye ...

Jual beli suara Pemilu mulai dari Rp5.000

Jual beli suara Pemilu mulai dari Rp5.000Indonesian Corruotion Watch (ICW) menemukan suap politik yang diberikan kepada masyarakat oleh para kandidat yang ...