Kenakan Kaos Gambar Bendera RMS, Warga Ambon Diamankan

Selasa, 29 April 2008 08:40 WIB | 1514 Views

Berita Terkait
Galeri Terkait
Ambon (ANTARA News) - Seorang warga Batugantong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, bernama Robby, Senin diamankan polisi karena memakai kaos bergambar bendera gerakan separatis RMS.

Menurut Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP J Siboro, Robby ditangkap ketika tengah menjalani pemotretan untuk pembuatan surat ijin mengemudi (SIM) C di Satlantas Polres setempat.

Seorang pengojek sepeda motor yang biasa mangkal di kawasan jembatan Batugantong itu diamankan karena mengenakan kaos yang di bagian punggungnya bergambar bendera RMS.

"Pengamanan Robby ketika hendak dipotret dan personil Satlantas meminta dia melepaskan tas ransel dan melihat gambar bendera separatis RMS, selanjutnya kami melaporkan ke Satreskrim," kata Siboro, Selasa.

Robby saat pemeriksaan mengakui ia tidak ada maksud apa-apa memakai kaus bergambar bendera organisasi sempalan tersebut yang diberikan salah satu temannya sudah lama.

"Saya pun melewati pos penjagaan untuk mengurusi SIM C karena memakai ransel sehingga tidak terlihat personil polisi di sana," tutur Siboro mengutip penjelasan Robby.

Yang bersangkutan tetap ditahan guna menjalani proses pemeriksaan lanjutan untuk mengungkapkan siapa teman yang memberikan baju kaus dan kemungkinan lain paska HUT gerakan separatis RMS, 25 April lalu.

HUT gerakan separatis RMS yang dinyatakan 25 April 1950 lalu itu untuk Maluku secara umum tidak ada pengibaran bendera "benang raja".

Namun, 26 April diamankan satu bednera yang dikibarkan di tiang bendera halaman kantor Desa Paperu, Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Penangkapan juga dilakukan terhadap oknum disebut bendahara RMS, Marthin Telussa bersama istrinya Enny Telussa, warga RT 002/RW03, Kelurahan Benteng, Kamis petang(24/4) serta Steven Tanasale, warga Kelurahan Kudamati, Jumat dinihari(25/4) karena sementara berkomunikasi dengan temannya di Masohi, ibukota Kabupaten Maluku Tengah untuk pengaturan pengibaran bendera RMS.
(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Buku "Di Balik Layar" KAA 1955 diluncurkan

Buku Buku yang mengupas pelaku sejarah pada Konferensi Asia Afrika, "Di Balik Layar" diluncurkan pada rangkaian peringatan ...

Pusat konseling remaja di sekolah akan diperbanyak

Pusat konseling remaja di sekolah akan diperbanyakBadan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional akan memperbanyak pusat informasi konseling remaja dan mahasiswa di ...

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawat

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawatSeorang remaja pria tiba dengan selamat dalam penerbangan dari California ke Hawaii kendati dia menumpangi tempat roda ...