Mendagri Lantik Gubernur Jabar 2008-2013

Jumat, 13 Juni 2008 14:58 WIB | 1284 Views

Berita Terkait
Bandung (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto atas nama Presiden RI, Jumat, melantik H Ahmad Heryawan dan H Yusuf Macan Effendi atau Dede Yusuf (Hade) sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013.

Pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 berdasarkan Keputusan Presiden No.41/P/2008 tertanggal 27 Mei 2008.

Acara pelantikan Gubernur Jabar pertama dari kalangan partai politik itu dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Jabar yang dipimpin Ketua DPRD HAM Ruslan, di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Pasangan H Ahmad Heryawan - H Dede Yusuf menjabat sebagai pimpinan eksekutif di Jawa Barat menggantikan pejabat sebelumnya H Danny Setiawan - H Nu`man Abdul Hakim yang memangku jabatan pada 2004-2008.

Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan itu dihadiri Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid, Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita, Anggota DPR-RI, anggota DPRD Jabar, Muspida Jabar, Bupati/Walikota se-Jabar, mantan Gubernur Jabar, sesepuh Jabar dan tokoh masyarakat serta pimpinan BUMN.

Hadir pula Gubernur DKI Jakarta H Fauzi Bowo, Mantan Cagub DKI Jakarta H Adang Dorojatun serta sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta serta Ketua DPRD Kaltim, Bali dan Lampung.

Pengesahan Hade sebagai pimpinan Jabar itu ditandai dengan serah terima jabatan dan pemasangan tanda jabatan dan penyerahan memori tugas jabatan.

H Ahmad Heryawan - H Dede Yusuf menempati jabatan Gubernur/ Wakil Gubernur Jawa Barat setelah memenangkan Pilkada Jawa Barat pada 13 April 2008 lalu.

Pada Pilkada Jabar 2008, Hade yang diusung PKS/PAN mengungguli dua pasang kandidat yakni H Danny Setiawan - H Iwan Ridwan Sulanjana (Dai) yang diusung Partai Golkar dan Demokrat serta H Agum Gumelar - H Nu`man Abdul Hakim (Aman) yang diusung koalisi tujuh partai.

Sementara itu dalam prakata pelantikannya, Mendagri menyatakan keyakinannya bahwa Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat yang baru dilantik akan mampu mengemban tugas jabatannya dengan baik.

"Pelantikan kali ini mengemban tanggung jawab yang cukup berat, namun saya yakin Gubernur/Wakil Gubernur Jabar yang baru akan mampu mengemban tugas ini," kata Mardiyanto.

Atas nama pemerintah, Mendagri juga mengapresiasi para kandidat Gubernur/Wakil Gubernur Jabar pada Pilkada Jabar yang secara lapang dada dan legawa menerima hasil pemilihan langsung di Jabar beberapa waktu lalu. (*)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawat

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawatSeorang remaja pria tiba dengan selamat dalam penerbangan dari California ke Hawaii kendati dia menumpangi tempat roda ...

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...

Pusat konseling remaja di sekolah akan diperbanyak

Pusat konseling remaja di sekolah akan diperbanyakBadan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional akan memperbanyak pusat informasi konseling remaja dan mahasiswa di ...