Bio-data Ronaldinho

Rabu, 16 Juli 2008 10:48 WIB | 3127 Views

Berita Terkait
Milan, (ANTARA News) - Berikut ini bio-data Ronaldinho, yang akan menandatangani kontrak dengan AC Milan dari Barcelona, Rabu, seperti diwartakan Reuters.


* Lahir di Porto Alegre, Brazil, 21 Maret 1980. Nama panjangnya adalah Ronaldo de Assis Moreira.

* Ia pindah ke Eropa pada Meret 2001, dikontrak lima tahun oleh Paris St Germain, namun hanya turun lapangan pada awal kompetisi karena terjadi persengketaan dengan Gremio tentang masalah nilai transfer.

* Manchester United tertarik mengontraknya setelah ia memutuskan meninggalkan PSG, tetapi ia bergabung dengan Barcelona pada Juli 2003 dengan nilai transfer 25 juta euro (40 juta dolar).

* Ia membawa Barcelona mengangkat piala kemenangan untuk pertama kalinya setelah enam tahun ketika mereka memenangi gelar kompetisi liga pada 2005.

* Ia sebagai pemain kunci menolong tim itu mempertahankan gelar musim berikutnya dan meraih gelar juara Liga Champions untuk kedua kalinya dalam sejarah klub itu setelah mengalahkan Arsenal 2-1 di Paris.

* Ia mendapat sorakan hebat dari pendukung Real Madrid setelah mencetak dua gol untuk kemenangan Barca 3-0 atas Real Madrid di
the Bernabeu pada November 2005.

* Ronaldinho meraih penghargaan pribadi sebagai pemain terbaik setelah bergabung dengan Barcelona, di antaranya pemain terbaik FIFA pada 2004 dan 2005 dan penghargaan Ballon D`Or pada 2005.

* Ia melakukan debut untuk Brazil ketika melawan Latvia pada 26 Juni 1999 dan mencetak gol pertama untuk tim senior saat bertemu dengan Venezuela pada kemenangan Brazil di Copa America tahun begikutnya.

* Playmaker itu memenangi Piala Dunia bersama Brazil pada 2002, mencetak gol paling spektakuler dari jarak 35 meter ketika berhadapan dengan Inggris di perempat final.

* Ia mengalami masa kecewa di Piala Dunia 2006 bersama Brazil ketika kalah atas Prancis di perempat final. Ia diminta beristirahat pada turnamen Copa America 2007. Brazil mengakhiri masa paceklik mereka dalam turnamen itu ketika mengalahkan Argentina di final.

* Ia dikritik karena menurunnya kebugaran jasmaninya dan kehilangan bentuk permainan dalam dua musim terakhir, kemudian beredar rumor akan meninggalkan Nou Camp.

* AC Milan terus menerus mengatakan mereka menginginkan pemain Brazil itu dan mengumumkan kesepahaman mereka setelah saling melakukan pendekatan selama tiga bulan. (*)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Duo Jakarta beda nasib di hari kedua Seri IV WNBL

Duo Jakarta beda nasib di hari kedua Seri IV WNBLDua tim asal Jakarta, Tomang Sakti Mighty Bees dan Merah Putih Predators, mengalami nasib berbeda di hari kedua Seri ...

Jerman dan Ceko berhadapan di final Piala Federasi

Jerman dan Ceko berhadapan di final Piala FederasiJerman mencapai final Piala Federasi yang pertama sejak 1992 untuk menghadapi Republik Ceko yang berada di final ...

Tim junior rebut lima medali di Malaysia

Tim junior rebut lima medali di MalaysiaTim bulu tangkis junior Indonesia berhasil membawa lima keping medali pada "BWF World Junior Championships 2014" yang ...