Zimbabwe Edarkan Uang Kertas dengan Nilai 100 Miliar Dolar

Minggu, 20 Juli 2008 15:57 WIB | 2624 Views

Berita Terkait
Harare (ANTARA News) - Zimbabwe, yang kini sedang menghadapi inflasi sampai 2,2 juta persen, telah mengedarkan uang kertas baru dengan nilai nominal 100 miliar dolar dalam upaya mengatasi kelangkaan uang tunai, bank sentral menyatakan Sabtu.

Uang kertas baru tersebut akan mulai beredar Senin, kata bank sentral dalam pernyataannya, menyusul enam uang kertas baru dengan nilai nominal sangat tinggi yang dikeluarkan tahun ini.

Pada Januari lalu, uang kertas 10 juta dolar diedarkan, kemudian uang kertas 50 juta dolar pada April. Sebulan kemudian, uang kertas dengan nilai nominal 100 juta dolar dan 250 juta dolar juga dikeluarkan.

Selanjutnya pencetakan uang baru dengan nilai lebih tinggi lagi segara dilakukan, yakni uang dengan nilai lima miliar, 25 miliar dan 50 miliar dolar.

Negara di kawasan Afrika bagian selatan itu, yang semula makmur, kini mengalami krisis pasca-pemilu. Hiperinflasi telah melanda negara itu, dengan inflasi membumbung tinggi dari 165.000 persen pada Pebruari menjadi 2,2 juta persen pada Juni lalu.

Krisis ekonomi Zimbabwe yang kronis telah menyeret paling tidak 80 persen penduduknya ke tepi jurang hidup di bawah garis kemiskinan dan kelangkaan pangan massal, demikian menurut laporan AFP. (*)

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Menkeu minta Kementerian BUMN tagih deviden Freeport

Menkeu minta Kementerian BUMN tagih deviden FreeportMenteri Keuangan Chatib Basri meminta Kementerian BUMN untuk tetap menagih deviden PT Freeport Indonesia sebesar Rp1,5 ...

Dolar menguat di Asia

Dolar menguat di AsiaNilai dolar Amerika Serikat (AS) menguat dalam perdagangan di Asia pada Jumat dengan dukungan data pekerjaan AS yang ...