Palembang (ANTARA) - Irjen Pol Priyo Widyanto resmi menjabat Kapolda Sumatera Selatan menggantikan Irjen Pol Firli Bahuri setelah dilakukan serah terima jabatan di Jakarta, Selasa.

"Hari ini telah dilakukan sertijab oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, untuk menyambut kedatangan Kapolda baru, pihaknya mulai melakukan persiapan acara penyambutan di Bandara SMB II Palembang dan mapolda," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, pejabat lama Irjen Pol Firli Bahuri dipromosikan dalam jabatan baru sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Pol Condro Kirono yang dimutasikan sebagai Analisis Kebijakan Utama Kabaharkam Polri.

Mutasi Kapolda Sumsel dari Irjen Pol Firli Bahuri kepada Irjen Pol Priyo Widyanto sesuai Surat TR benomor: ST/3020/XI/KEP/2019 tertanggal 8 November 2019.

Pejabat baru Irjen Pol Priyo Widyanto sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan lulusan Akpol 1988 yang berpengalaman dalam bidang Lalu lintas.

Riwayat Jabatan kapolda baru antara lain sebagai Pamapta Polresta Pontianak pada 1988, Wadir Samapta Polda Sumut, Kaden Hartib Pusprovos Div Propam Polri dan Kabagpamwal Roprovos Divpropam Polri pada tahun 2010.

Kemudian pada 2011 pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi, Kapolres Metro Jakarta Timur pada 2014, Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri pada 2015.

Karirnya pria kelahiran Jakarta, 12 Oktober 1965 ini terus menanjak dengan menjabat beberapa bulan sebagai Wakapolda Kalimantan Selatan, kemudian kembali ke Mabes Polri sebagai Karobinkar SSDM Polri pada 2016.

Irjen Pol Priyo juga pernah menjabat Kapolda Jambi pada 2017, dan pada 2018 karirnya terus cemerlang menjabat sebagai Kapolda Kaltim dan terhitung November 2019 Irjen Pol Priyo menggantikan Irjen Pol Filri sebagai Kapolda Sumsel.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019