Peran IMF dalam Krisis Finansial Global Saat Ini Dipertanyakan

Rabu, 8 Oktober 2008 13:51 WIB | 1262 Views

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Presiden Brazil, Luis Inacio Lula da Silva, Selasa, mengecam Dana Moneter Internasional (IMF) dan AS atas peran mereka dalam gejolak finansial global yang saat ini berlangsung.

"Di mana IMF sekarang?" tanya Lula, di depan 3.000 buruh logam di kawasan pantai Angra dos Reis.

Kapan saja terjadi turbulensi finansial di Brazil atau Argentina, IMF selalu "muncul dengan berbagai rekomendasi dan mendikte apa yang harus dikerjakan dan tak boleh dilakukan," katanya, seperti dilaporkan DPA.

Ia juga menuduh AS bermain-main "dengan ekonomi ... mereka berperan dengan kebijakan keuangannya."

Dikatakannya, "semua orang tahu bahwa apa yang terjadi saat ini timbul akibat spekulasi finansial yang dimulai di AS. Mereka bermain-main dengan ekonomi dunia."

Lula menuding para pemimpin negara industri tidak bertindak untuk mencegah krisis yang dipicu oleh rontoknya pasar subprime mortgage (KPR untuk penduduk miskin Amerika).

Menurut Lula, ia telah berupaya membawa masalah ini pada KTT G-8 terakhir, tetapi sarannya tidak diindahkan.

"Mereka bertindak seperti tak terjadi krisis. Mereka hanya ingin berbicara tentang lingkungan, bukan krisis finansial," katanya.

Ketika melukiskan krisis finansial tersebut sebagai "sangat parah, kemungkinan paling serius dalam 50 tahun terakhir," ia menekankan bahwa Brazil telah melindungi dirinya dengan sebaik-baiknya. (*)

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Dolar menguat di Asia

Dolar menguat di AsiaNilai dolar Amerika Serikat (AS) menguat dalam perdagangan di Asia pada Jumat dengan dukungan data pekerjaan AS yang ...

Menkeu minta Kementerian BUMN tagih deviden Freeport

Menkeu minta Kementerian BUMN tagih deviden FreeportMenteri Keuangan Chatib Basri meminta Kementerian BUMN untuk tetap menagih deviden PT Freeport Indonesia sebesar Rp1,5 ...