Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Rabu, 15 Oktober 2008 06:33 WIB | 2768 Views

Berita Terkait
Galeri Terkait
Semarang (ANTARA News) - Sekitar 70 persen kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalan raya di Indonesia disebabkan oleh para pengendara sepeda motor, kata pakar transportasi, Djoko Setyowarno, Rabu.

Ia menyebutkan, sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2008, rata-rata per hari korban tewas tercatat 45 orang akibat laka lantas di jalan raya.

Sebagian besar korban tewas adalah pengendara sepeda motor. Jumlah korban tewas pada arus mudik dan balik Lebarabn itu meningkat drastis, sebab pada hari biasa korban tewas per hari sekitar 12 orang.

Melihat kenyataan itu, katanya, pemerintah harus lebih fokus untuk mengoperasikan moda transportasi massal, seperti kereta api (KA) dan bus-bus besar.

"Pengoperasian angkutan massal ini harus dijadikan program nasional," katanya dosen Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Semarang itu.

Ia menambahkan, pemerintah sebaiknya mulai mengurangi penggunaan sepeda motor sebagai moda angkutan mudik dan balik Lebaran atau saat libur panjang lainnya.

Sebab, menurut dia, pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai alat angkutan transportasi sangat riskan terhadap lakalantas.

Di negara-negara produsen sepeda motor, seperti Cina dan Jepang, katanya, penggunaan sepeda motor justru dibatasi.

"Tidak semua jalan raya di Cina dan Jepang boleh dilalui sepeda motor. Di sana (negara produsen sepeda motor) tidak semua jalan boleh dilalui sepeda motor karena negara tersebut tahu dan menyadari bahwa sepeda motor sangat rawan laka lantas," katanya menjelaskan.

Untuk itu, sebaiknya Indonesia mulai melakukan tindakan sebagaimana yang dilakukan oleh negara produsen sepeda motor itu, katanya.(*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di Cibodas

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di CibodasUnit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas selaku satuan kerja Lembaga Ilmu ...

Lufthansa kembali hubungkan Indonesia - Eropa

Lufthansa kembali hubungkan Indonesia - Eropa  Lufthansa kembali menghubungkan Indonesia dengan Eropa mulai 1 Juni 2014. Siaran pers Lufthansa yang diterima ...

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...