Penambangan Emas Rakyat Resmi Dibuka Tengah Malam

Jumat, 31 Oktober 2008 22:49 WIB | 842 Views

Berita Terkait
Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, akan membuka secara resmi penambangan emas rakyat pada Sabtu dini (1/11) pada pukul 00:00 WITA.

Wakil Bupati Bombana, Subhan Tambera, via telepon Jumat mengatakan, penambangan itu dibuka bagi 15 ribu warga yang telah mendapatkan ijin dari pemerintah Bombana yang berlaku per 1 November 2008.

Tim penertiban penambangan emas bekerja keras sejak 27 September lalu tetapi masih saja ada warga yang memaksakan diri mendulang secara ilegal hingga jumlahnya mencapai 20-an ribu orang, kata Subhan Tambera yang juga Ketua Partai Golkar setempat.

Pemkab Bombana mengimbau warga yang tidak memiliki izin mendulang agar tidak memaksakan diri karena akan beresiko, baik diri sendiri maupun orang lain.

"Siapa pun yang melakukan aktivitas penambangan emas tanpa dilengkapi surat izin akan ditindak tegas karena merupakan pelanggaran," kata Subhan.

Kades Lakomea Asrin mengatakan, suasana Kasipute, ibukota Kabupaten Bombana, sekitar 200 kilometer selatan Kota Kendari, ibukota Provinsi Sultra cukup ramai karena pendulang sudah berdatangan.

Bahkan, diantara mereka terpaksa menginap di pinggiran jalan karena tidak memiliki rumah keluarga, kerabat dan tidak kebagian penginapan.

Tim penertiban gabungan yang tersebar di sejumlah pintu masuk lokasi penambangan emas melakukan pemeriksaan secara ketat.

Ribuan warga tertahan di pintu pemeriksaan utama di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN-RAW) karena tidak memiliki izin.

Upaya tim penertiban untuk mengeluarkan ribuan pendulang tanpa izin dari lokasi penambangan masih menemui kendala karena mereka melarikan diri dan bersembunyi dalam hutan.

Korban tewas sejak kegiatan penambangan ilegal berlangsung akhir Agustus 2008 lalu tidak terdata dengan akurat.

"Korban tewas yang terdata oleh tim penertiban sebanyak tiga orang, yakni satu orang tua karena kelelahan dan dua orang anak tertimbun longsor dilokasi penambangan," katanya.
(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

IHSG BEI ditutup turun 43,60 poin

IHSG BEI ditutup turun 43,60 poinIndeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa ditutup turun sebesar 43,60 poin menyusul ...

Dolar sedikit menguat

Dolar sedikit menguatKurs dolar AS sedikit menguat terhadap mata uang utama lainnya pada Senin (Selasa pagi WIB), di tengah ketidakpastian ...

Pelindo: kemacetan Priok akibat birokrasi pemerintah

Pelindo: kemacetan Priok akibat birokrasi pemerintahDirektur Utama Pelindo II, Richard Jose Lino, menyatakan kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok terkait ...