Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra peringkat satu dunia Markis Kido/Hendra Setiawan dipastikan tidak akan mempertahankan gelarnya pada Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Hyderabad, India, 10-16 Agustus.

Kepastian tersebut disampaikan Media & Communications Manager Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) Selvaamresh Supramaniam melalui pesan singkat, Selasa malam.

Ia memastikan hal itu setelah panitia menerima surat dari Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengenai tidak akan berpastisipasinya pasangan juara Olimpiade tersebut.

Kabar mengenai kemungkinan pasangan Kido/Hendra absen di Kejuaraan Dunia sudah merebak pada pekan-pekan terakhir menjelang kejuaraan tersebut berlangsung, namun hingga saat ini PB PBSI belum memberi keterangan resmi.

Absennya Kido/Hendra, lanjut Selvaam, akan memberi kemenangan WO (walkover) bagi lawan mereka pada putaran kedua, Hu Chung Shien/Tsai Chia Hsin dari Taiwan karena kedua pasangan mendapat bye pada putaran pertama.

"Tidak akan ada pengganti posisi (mereka) WO," ujar Selvaam.

Dengan demikian, Indonesia akan mengandalkan pasangan unggulan ketujuh Bona Septano/Mohammad Ahsan dan unggulan 11 Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama pada nomor ganda putra.

Selain mereka, Indonesia rencananya juga mengirim juara bertahan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir, runner-up tunggal putra Sony Dwi Kuncoro, juara 2005 Taufik Hidayat, serta Simon Santoso, Maria Kristin, Adriyanti Firdasari, Greysia Polii/Nitya Krishinda, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari dan Devin Lahadri/Lita Nurlita. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009