Pekanbaru (ANTARA News) - Gempa bumi yang berpusat di Mentawai, Sumatera Barat, Ahad siang, berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) getarannya terasa di sejumlah daerah di Provinsi Riau, termasuk Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan ANTARA, getaran gempa terasa di Kota Pekanbaru beberapa saat. Meski begitu, gempa tidak menyebabkan adanya kerusakan.

Kondisi tersebut sempat membuat panik sejumlah warga yang tengah berobat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Sejumlah keluarga pasien tampak berlarian ke luar ruangan karena panik saat terjadi gempa.

"Guncangan gempa sangat terasa," kata seorang warga, Ita (32).

Selain itu, gempa juga terasa hingga Kabupaten Siak yang berada Timur dari Pekanbaru. Seorang warga, Darwin (29), mengatakan dirinya merasakan gempa saat sedang duduk di kursi.

"Saya dan keluarga sempat histeris dan keluar dari rumah," katanya.

Berdasarkan pernyataan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofrisika (BMKG), gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) mengguncang kawasan Mentawai sekira pukul 14.38 WIB.

Pusat gempa berada di Tenggara Mentawai, yaitu pada titik koordinat 1,6 Lintang Selatan dan 99,1 Bujur Timur. Pusat gempa berada pada kedalaman 32 kilometer di bawah permukaan laut.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009