Manado (ANTARA News) - Laut memiliki arti penting dalam segala aspek kehidupan karena itu semua pihak bertanggungjawab untuk menjaganya.

Hal tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan yang dibacakan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolkam) Widodo AS, pada pelaksanaan "International Fleet Review (IFR) 2009" dalam acara Sail Bunaken di Manado, Rabu.

Di tengah kemajuan transportasi darat dan udara, transportasi laut tetap memiliki peran penting. Karena itu tanggungjawab semua pihak untuk menjaga laut.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan 17.000 lebih pulau memiliki keanekaragaman hayati yang bernilai tinggi. Sudah seharusnya lingkungan laut dijaga.

Pada sambutannya Presiden juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya terhadap partisipasi semua pihak yang mengikuti "IFR 2009" dalam rangkaian Sail Bunaken di Manado.

Komandan USS George Washington, David Looesman yang mewakili peserta "Sailing Pass" IFR 2009 menyampaikan selamat kepada Indonesia atas pelaksanaan "Fleet Review" pada Sail Bunaken 2009.

IFR pada Sail Bunaken 2009 merupakan acara penting yang bermakna mempererat hubungan baik melalui laut, sehingga koordinasi untuk menjaga keamanan laut semakin baik.

Ia juga mengatakan tidak akan mungkin melewatkan keindahan Laut Sulawesi Utara. Karena itu, keharusan semua pihak untuk menjaga dan melindungi lingkungan laut Sulawesi Utara.

Hadir pada IFR pada Sail Bunaken 2009, selain Menkopolhukam yang mewakili Presiden yakni Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), Menteri Perhubungan, Panglima TNI, Duta Besar Negara Sahabat, juga Gubernur Sulawesi Utara.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009