Senin, 1 September 2014

Harga Hewan Kurban Melonjak

Rabu, 26 November 2008 01:20 WIB | 1.258 Views
Semarang (ANTARA News) - Harga hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini mengalami lonjakan hingga Rp100 ribu-Rp200 ribu per ekor dibandingkan harga tahun sebelumnya.

"Kenaikan harga itu akibat biaya transportasi dan perawatan hewan mahal," kata Agus (34), penjual hewan kurban, di Jalan Veteran Semarang, Selasa.

Ia mengatakan, kenaikan harga terjadi pada sapi dan kambing jantan, sedangkan yang betina harganya masih normal. Ia mengaku, seluruh barang dagangannya berasal dari Pati, Jawa Tengah.

Ia menyebutkan, harga jual sapi mulai dari Rp7,5 juta sampai Rp12 juta per ekor, sedangkan harga kambing berkisar Rp750 ribu sampai Rp1.750 ribu per ekor.

"Kalau tahun sebelumnya, harga kambing hanya berkisar Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta per ekor," katanya.

Agus mengaku, saat ini permintaan pembeli masih sepi meskipun sudah ada beberapa calon pembeli yang menanyakan harga jual hewan kurban.

"Kebanyakan pembeli masih mengamati harga belum sampai memesan," katanya.

Menurutnya, pemesanan hewan kurban akan mulai terlihat mulai H-10 sampai H-5. Dia mengatakan, biasanya pembeli lebih banyak menitipkan hewan yang telah dibelinya.

"Baru H-1 Lebaran, kita mengirimkan hewan ke tempat para pembeli," katanya.

Ia mengatakan, penjualan hewan kurban dari tahun ke tahun semakin banyak saingan. Meskipun tahun sebelumnya dirinya mampu menjual 37 ekor sapi, untuk sementara tahun ini dirinya baru menyediakan 10 ekor sapi.

"Hewan kurban ini sebagian ada yang milik saya dan sebagian yang lain diambil dari peternak lain," kata Agus yang selalu menjadi pedagang hewan kurban musiman ini.(*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2008

Komentar Pembaca
Baca Juga