New York (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama pada Senin berjanji akan kekuatan G20 di KTT pekan depan di Pittsburgh untuk tindakan agresif pada sistem peraturan atau regulasi keuangan baru.

"Kita perlu untuk menutup celah-celah yang ada tidak hanya dalam negara ini, tetapi antar negara," kata Obama di Federal Hall bersejarah di Manhattan, hanya satu blok jauhnya dari New York Stock Exchange.

"Ketika Amerika Serikat secara agresif mereformasi sistem peraturan kami, kita akan bekerja untuk memastikan bahwa seluruh dunia melakukan hal yang sama."

Ia menyampaikan pidato utama pada reformasi keuangan untuk eksekutif Wall Street, setahun setelah jatuhnya Lehman Brothers yang memicu krisis global.

Dan ia berjanji pemerintahannya akan mendorong reformasi sistem keuangan, baik dalam negeri dan luar negeri.

Obama mengingatkan bahwa KTT Kelompok 20 di London pada bulan April, para pemimpin besar negara maju dan berkembang telah sepakat untuk bekerja sama memacu permintaan dan mengatasi permasalahan pokok yang menyebabkan resesi global terburuk dalam beberapa dasawarsa.

"Dan pekerjaan ini akan dilanjutkan pekan depan di Pittsburgh ketika aku berkumpul di G20," tambahnya.

G20 akan mengadakan pertemuan puncak September 24-25 di Pittsburgh, Pennsylvania, untuk mengambil upaya memulihkan pertumbuhan global dan reformasi sistem keuangan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009