Solo, (ANTARA News) - Batik masuk muatan lokal wajib dalam kurikulum seluruh sekolah di Solo, sebagai respons atas dikukuhkannya batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Setelah batik Indonesia diakui sebagai warisan budaya dunia, kita tidak terus tinggal diam tetapi juga harus beraksi untuk menjaga dan melestarikan terus batik menjadi kebanggaan bangsa-bangsa di dunia," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dispora) Kota Surakarta Rakhmat Sutomo, di Solo, Jumat.

Untuk melestarikan dan menjaga batik agar tetap menjadi warisan budaya dunia, maka batik dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah di Solo. "Untuk batik ini hukumnya wajib seluruh sekolah sejak dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai SMA/SMK harus ada mata pelajaran membatik".

 Penyiapan tenaga pengajar batik nantinya akan mengambil dari para guru yang memiliki ketrampilan ini untuk terus dilakukan pelatihan. "Kami berharap untuk tahun ajaran 2010 nanti program ini sudah bisa dilaksanakan di semua sekolah tanpa terkecuali," katanya.

Untuk kurikulum ini nantinya sifatnya berjenjang, diantaranya yaitu untuk murid-murid di SD dilakukan dengan pengenalan seluruh ragam atau corak batik dan setelah mereka masuk di SMP mulai praktek membatik dan lulus harus bisa membatik meskipun masih kasar, dan lulus SMA/SMK anak harus bisa membatik dengan sempurna.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009