Bogota, (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Kolombia Eduardo Lara mengundurkan diri Kamis setelah timnya gagal maju untuk ketiga kalinya ke putaran final Piala Dunia.

"Saya lelah menjadi pelatih tim senior nasional dan akan melanjutkan kiprah saya dengan tim junior," kata Lara kepada wartawan setibanya dari Asuncion dimana Kolombia mengalahkan Paraguay 2-0 pada laga penyisihan terakhir Rabu, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Kolombia, yang terakhir kali maju ke final di Prancis pada 1998, mengakhiri penyisihan zona Amerika Selatan untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dengan berada di urutan ketujuh dengan mengantungi 23 poin dari 18 pertandingan.

Hanya empat tim paling atas, Brazil, Chile, Paraguay dan Argentina, yang lolos otomatis sedangkan tim urutan kelima Uruguay bertemu dengan Kosta Rika, tim urutan keemat zona CONCACAF, pada pertandingan playoff bulan depan.

Ketua Federasi Sepak Bola Kolumbia (FCF) Luis Bedoya menyatakan kursi pelatih nasional saat ini lagi kosong. Lobi di antara petinggi olahraga di Kolumbia mengusulkan agar ditunju pelatih asing.

"Ketua FCF akan mengambil keputusan penting menyangkut pelatih mendatang," kata Lara.

Lara bertanggung jawab atas tim itu pada pertengahan babak penyisihan, menggantikan Jorge Luis Pinto, yang didepak setelah tim itu kalah 0-1 atas Uruguay di Bogota dan kalah 0-4 atas Chile di Santiago pada September 2008.

Ia mengikuti 10 pertandingan, menang empat kali dan kalah lima kali. Kolombia mengakhiri permainan dengan enam kemenangan dan 14 gol, merupakan tim urutan bawah setelah Peru yang berada di tangga terakhir pada klasemen grup.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009