Cimahi (ANTARA News) - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Cimahi telah berhasil merakit komputer jinjing atau Laptop. Wakil Kepala Sekolah SMKN1 Cimahi Bidang Kurikulum, Mulyono, Minggui menyatakan program merakit laptop tersebut telah dimulai sejak lima bulan lalu atas kerjasama Pemkot Cimahi, pihak sekolah, dan sebuah perusahaan elektronik bernama Ekonus.

"Alhamdulillah, hasil rakitan siswa-siswa kami ini sebagian ada yang sudah dipasarkan di luar pulau Jawa seperti ke Kalimantan," kata Mulyono.

Ia menjelaskan, program perakitan laptop di SMKN 1 Cimahi tersebut dilakukan oleh siswa yang mengambil jurusan Teknik Komunikasi dan Jaringan (TKJ).

Menurut dia, program perakitan tersebut sudah berlangsung dua tahap dan hingga saat ini diperkirakan sudah menghasilkan 300 unit laptop.

Mulyono mengemukakan seluruh siswa jurusan teknis komunikasi dan jaringan yang ikut dalam program perakitan laptop akan diberi uang saku sebesar Rp25 ribu per harinya.

"Melalui keterampilan yang mereka miliki, tidak hanya ilmu yang didapat oleh siswa, namun siswa juga mendapatkan uang saku sebesar Rp25 ribu per hari," ujar Mulyono.

Kerjasama dalam perakitan laptop tersebut, kata Mulyono, masih terus berlangsung dengan adanya rencana tahap lanjutan perakitan laptop.

Pihak sekolah dan Pemkot sudah mengenalkan hasil rakitan itu kepada masyarakat, dengan memberi tiga unit laptop untuk dioperasikan perpustakaan keliling yang baru diluncurkan pada hari pendidikan nasional kemarin oleh Pemkot Cimahi.

Akan tetapi, Mulyono mengaku, belum mendapatkan bantuan dari pusat karena pihaknya terlambat untuk mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat.

"Meskipun tidak mendapat bantuan dari pusat, tapi alhamdulillah Wali Kota Cimahi senang dan mendukung kami, sebagai wujud kebijakan Pemkot Cimahi yang mengusung Cimahi cyber city," katanya.

Sebelum siswa-siswa itu merakit laptop, Mulyono menjelaskan, mereka diberi pelatihan dua hari selama 16 jam yang berisi materi dan praktik.

"Para siswa yang akan merakit laptop sebelumnya diberi pelatihan dahulu, mereka hanya tinggal merakit, karena semua komponen laptop yang akan dirakit disuplai dari Ekonus," ujarnya.

Spesifikasi komputer jinjing yang dirakit siswa SMKN I Kota Cimahi ialah laptop yang sudah menggunakan prosesor Core 2 Duo dengan layar sebesar 10,2 inchi.

Ia berharap, ke depan, siswanya tidak hanya mampu merakit, tetapi juga mampu menciptakan produk sendiri.

Sementara itu, untuk mengawasi mutu laptop yang dirakit oleh siswa, pihaknya telah membentuk tim pengawas khusus.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009