Sleman (ANTARA News) - Guru Bahasa Jawa mendominasi formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Penerimaan CPNS 2009 dari pelamar umum paling banyak formasi guru bahasa Jawa untuk SMP, SMA dan SMK," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sleman Iswoyo Hadiwarno, Rabu.

Dari total 367 formasi CPNS, 200 diantaranya diperuntukkan bagi tenaga pendidik (guru) dengan rincian 167 formasi untuk guru SD dengan kualifikasi pendidikan S-1 dan D-2 PGSD.

Dari 32 formasi guru lainnya, 13 untuk guru Bahasa Jawa SMP, 12 guru bahasa Jawa SMA dan tujuh formasi guru bahasa Jawa SMK, katanya.

"Kualifikasi Guru Bahasa Jawa yang dibutuhkan adalah S-1 kependidikan Bahasa Jawa atau Bahasa dan Sastra Jawa, serta S-1 nonkependidikan sastra nusantara jurusan Bahasa Jawa atau Sastra Jawa yang telah memperoleh akta IV," katanya.

Ia mengatakan untuk pengadaan CPNS tenaga kesehatan dibutuhkan 105 orang untuk 11 formasi.

Iswoyo mengatakan berbeda dengan penerimaan CPNS sebelumnya pada tahun ini semua pelamar harus menyerahkan kartu pencari kerja (AK.I) dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang asli ketika menyerahkan berkas lamaran kerja.

"Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi banyaknya kursi kosong ketika penyelenggaraan seleksi," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009