Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia kembali meraih gelar juara umum pada event ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) III/2009 yang berlangsung di Jakarta, Sabtu.

Dari seluruh (19) set medali yang diperebutkan, kontingen Indonesia kembali tampil teratas dengan meraih 11 medali emas, 7 perak, dan 11 perunggu disusul Singapura 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Meski pesta olahraga pelajar tingkat Sekolah Dasar se-ASEAN ini baru akan ditutup pada Minggu (8/11), namun perhelatan yang digelar Departemen Pendidikan Nasional ini sudah menyelesaikan seluruh perburuan medali dari lima cabang olahraga yang dipertandingkan yakni sepak bola, bulu tangkis, catur, atletik, dan tenis meja.

Kejayaan Indonesia kali ini dilengkapi dengan gelar juara di cabang bergengsi sepak bola setelah di final tim Indonesia-1 menundukkan Indonesia-3 dengan skor tipis 1-0. Sedangkan medali perunggu diraih Malaysia yang menundukkan tim Indonesia-2 dengan skor telak 6-1 pada pertandingan di Lapangan B Senayan Jakarta.

Sementara Vietnam meraih 2 emas, 6 perak dan 4 perunggu, disusul Malaysia dan Thailand yang masing-masing kebagian 1 emas, tetapi Malaysia ditambah 5 perak dan 7 perunggu, sedangkan Thailand ditambah 2 perunggu.

Pada perburuan medali emas hari terakhir, para pebulutangkis muda Indonesia meraih 2 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu. Sementara Malaysia kebagian 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu, Thailand 1 emas berikut 2 perunggu dan Filipina kebagian 1 perunggu.

Di cabang catur Indonesia meraup empat medali emas dari enam nomor yang dipertandingkan. Anastasia Patricks yang sebelumnya meraih juara di momor individual standar, Sabtu meraih pula gelar juara di nomor catur cepat perorangan (rapid chess).

Dua medali emas cabang ini jatuh ke tangan Vietnam melalui nomor standar perorangan putra dan catur cepat perorangan putra.

Namun di cabang tenis meja, Singapura melakukan sapu bersih membawa pulang 4 medali emas berikut 1 perak, disusul Vietnam di urutan kedua dengan 2 perak dan 3 perunggu. Sedangkan Indonesia kebagian 1 perak dan 3 perunggu dan Malaysia 2 perunggu.

Menyambut tuntasnya penyelenggaraan pertandingan, Kabid Pertandingan Drs H Samsudin MPd merasa puas seluruhnya terselenggara dengan lancar.

"Kami puas seluruh pertandingan bisa berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan Indonesia bisa tetap bisa mempertahankan gelar juara umum pada masa-masa mendatang," ujarnya.

Upacara penutupan akan digelar pada Minggu (8/11) malam di Hotel Sahid Jaya yang merupakan hotel resmi penyelenggaraan APSSO III/2009.

Perolehan Medali Akhir APSSO (emas, perak, perunggu, total)

1. Indonesia 11 7 11 29

2. Singapura 4 1 1 6

3. Vietnam 2 6 4 12

4. Malaysia 1 5 7 13

5. Thailand 1 0 2 3

6. Brunei 0 0 1 1

7. Filipina 0 0 1 1

8. Myanmar 0 0 0 0.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009