Medan (ANTARA News) - Banyak iklan di televisi yang tidak mendidik dan mengeruhkan akidah umat Islam sehingga berdampak negatif pada pemahaman dan pengamalan ajaran agama, ujar spengasuh pondok pesantren Manarul Huda, Kabupaten Deliserdang, Ustadz Azra`i Al Bantani di Medan, Kamis.

Azra tidak menyebutkan secara detil produk iklan yang dia maksud, namun menilai pesan iklan yang jauh dari nilai edukatif itu berdampak pada pemikiran umat sehiangga tidak peduli lagi pada ajaran agamanya.

"Nilai-nilai spritual dalam diri umat Islam tergerus karena terpaan informasi melalui iklan di televisi yang sesungguhnya menanamkan sikap konsumerisme dan hedonisme," katanya.

Azra mengajak kuam muslim melawan kecenderungan ini dengan menguasai informasi untuk menyampaikan ajaran-ajaran kebenaran.

Umat Islam, tambahnya, harus bersatu mengejar ketertinggalan dalam penguasaan teknologi, selain membina persatuan dan kekompakan dalam mengatasi berbagai persoalan keumatan.

Menurut dia, tantangan lain yang cukup berat adalah menjamurnya aliran kepercayaan yang menurut Badan Koordinasi Pengawas Agama dan Kepercayaan Masyarakat mencapai 250 aliran kepercayaan.

"Berkembangnya aliran kepercayaan ini harus diatasi, bukan dengan cara kekerasan tapi melalui jalan diplomasi, disamping menjaga agar umat Islam tidak menyimpang dari ajaran agamanya," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009