Jakarta (ANTARA News) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan Danone-Aqua menggelar lomba karya tulis jurnalistik bagi seluruh wartawan, kontributor dan koresponden resmi dari berbagai media di Indonesia.

Wakil Pemimpin Redaksi ANTARA Akhmad Kusaeni di Jakarta, Rabu menjelaskan bahwa lomba tersebut mengangkat tema "Air Adalah Kebaikan Alam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan".

Akhmad Kusaeni menambahkan lomba ini adalah kesamaan komitmen Perum LKBN ANTARA dan Danone untuk peduli terhadap hal-hal yang menyangkut kepentingan publik.

"Pengelolaan dan pemanfaatan serta perlindungan sumber daya air merupakan persoalan publik," katanya sambil mengutip Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang menyebutkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Ia juga menyebutkan bahwa lomba tersebut dibuat untuk mendukung profesi jurnalistik agar mampu menghasilkan mahakarya dan membangun kepedulian akan kepentingan publik.

"Semakin banyak penghargaan yang diberikan untuk wartawan, maka akan semakin baik pula pengakuan akan profesi jurnalis di tanah air," katanya.

Tujuan lomba juga memberikan edukasi publik mengenai karakteristik air minum yang terbaik dan memotivasi masyarakat agar aktif berperan serta menjaga ketersediaan air.

Direktur Komunikasi Perusahaan Danone Troy Pantau mengemukakan, kerjasama lomba karya jurnalistik tidak mengharuskan wartawan mencantumkan nama Danone, meski pihaknya menyediakan beragam data untuk memperkuat tulisan yang akan dibuat.

Sementara itu, tema lomba dapat dikembangkan oleh peserta diantaranya menjadi karakteristik sumber air minum dan bagaimana memilih air minum yang baik, teknologi menjaga ketahanan air, dampak perubahan siklus hidrologi terhadap kualitas dan kuantitas air, peran air mengatasi obesitas anak-anak dan lain sebagainya.

Periode lomba akan dibuka sejak Januari 2010 hingga 31 Agustus 2010 dan pemenang akan diumumkan pada akhir September 2010.

Dewan juri nantinya akan terdiri dari wakil LKBN ANTARA, ahli hidrogeologi/hidrologi dan ahli gizi ternama.

Peserta yang ingin mengikuti lomba bebas membuat tulisan dalam berbagai bentuk yakni pemberitaan, artikel, hasil wawancara dan lain sebagainya.

Peserta lomba juga wajib mengirimkan pemberitaan yang telah dimuat di media bersangkutan ke panitia yakni Cognito Communications Counsellors di Jalan Cisanggiri V/6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan paling lambat 31 Agustus 2010. (*)

Pewarta: Ardianus
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010