New York (ANTARA News) - Rob "Rama" Rambini, warga Indonesia yang akan berlayar seorang diri dari Amerika ke Indonesia, akan mengandalkan makanan kaleng selama perjalanan yang diperkirakan memakan waktu delapan bulan.

"Saya akan membawa persediaan makanan yang cukup untuk beberapa bulan. Di perahu saya ada dua kompor berbahan bakar alkohol, bisa dipakai untuk memasak makanan kaleng," kata Rama kepada ANTARA, Jumat malam, dalam wawancara melalui surat elektronik.

Rama yang berprofesi sebagai fotografer profesional dan selama 26 tahun terakhir tinggal di San Francisco, California, itu kemungkinan akan menjadi orang Indonesia pertama yang melakukan pelayaran seorang diri dari California menuju Bali.

Dengan perahu layar miliknya berjenis `Jensen Marine Cal 30` dan dinamai "SV Kona", ia dalam waktu dekat akan meninggalkan perairan San Francisco Bay Area untuk mulai melintasi lautan dan samudera menuju Bali.

Rute yang akan dijalani Rama antara lain mencakup San Francisco-Tahiti-Cook Islands-Fiji-Bali.

Dibandingkan aspek keselamatan selama berlayar, faktor persediaan makanan tidak membuatnya cemas sama sekali.

Ia yakin selama perjalanan berbulan-bulan itu, dirinya tidak akan mengalami kekurangan makanan.

"Toh saya berada di lautan, saya tinggal memancing ikan saja. Lalu dimasak," ujarnya.

Masalah makanan, menurut Rama, bukan tantangan utama yang dihadapinya.

"Selain tiang patah karena cuaca buruk atau ketabrak kapal barang, saya rasa tantangan utamanya adalah kemungkinan diserang atau bertabrakan dengan makhluk lautan seperti ikan hiu," kata Rama.

Namun ia mengatakan dirinya tetap tenang dengan berbagai tantangan yang akan dihadapinya karena selama ini ia terus berusaha meminimalisasikan kemungkinan terjadinya insiden apapun saat berlayar.

Menurutnya, tidak akan ada pihak khusus yang memantau secara konsisten perkembangan kondisinya selama perjalanan.

"Mereka yang ingin tahu atau membantu menjadi sponsor memang bisa mengikuti perkembangan kondisi saya melalui `California to Bali Solo Voyage` di `facebook` atau `blog`.

"Selebihnya, saya berlayar tanpa didampingi siapapun, saya bertanggung jawab untuk keselamatan diri saya sendiri," katanya.

Rama adalah pria kelahiran Roma, Italia, dari pasangan Sartono Wondowisastro dan Trisutji Kamal --yang di Indonesia dikenal sebagai komposer.

Jika berhasil mencapai Bali, ini adalah pertama kalinya bagi Rama untuk menginjakkan kakinya kembali di Indonesia dalam 26 tahun terakhir.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010