Jakarta (ANTARA News) - Pertandingan kesebelasan Arema Malang dengan lawan-lawannya dominasi jumlah penonton terbanyak selama Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 putaran pertama.

Berdasarkan data dari PT Liga Indonesia jumlah penonton pertandingan Arema dengan lawannya mampu menembus lebih dari 35 ribu orang.

"Hanya Persija yang mampu mengimbangi, namun hanya sekali," kata CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pertandingan yang mampu menembus angka lebih dari 35 ribu penonton adalah Arema melawan Persija, Arema melawan Persema, Arema melawan Sriwijaya FC dan Persija melawan Pelita Jaya.

Dari evalusi PT Liga Indonesia selama putara pertama diperoleh data jumlah penonton secara umum (117 pertandingan) sebanyak 1. 182. 618 atau naik dibandingkan periode yang sama tahun 2008 yaitu 1. 119. 290 penonton.

"Jika Arema dan Persija sukses menebus penonton terbanyak, untuk Persib dan Pelita Jaya memegang rekor paling sedikit," katanya menambahkan.

Sesuai pendataan yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia pertandingan Persib melawan Persija dilihat 168 penonton dan Pelita Jaya melawan Persik ditonton 173 penonton.

Ia menambahkan, selama putaran pertama ada lima pertandingan tanpa penonton yaitu PSM vs Persija, PSM vs Persela, PSM vs Persijap, Arema vs Persib dan Persiba vs Persija.

"Ada beberapa alasan sehingga pertandingan digelar tanpa penonton diantaranya karena sanksi dan alasan keamanan," katanya menerangkan.

Pertandingan tanpa penonton pada tahun ini, kata dia lebih sedikit dibandingkan putaran pertama ISL 2008/2009 yaitu sebanyak tujuh pertandingan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010