Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) berjanji memberikan fasilitas bertaraf internasional pada SEA Games (SEAG) XXVI tahun 2011. Fasilitas itu akan rampung lima bulan sebelum ajang SEAG digelar di Kota Palembang.

"Dari perencanaannya saja, Provinsi Sumatra Selatan telah menggunakan standar internasional dengan memakai jasa para konsultan asal luar negeri, tentunya fasilitas yang kami sediakan nanti adalah fasilitas bertaraf internasional," kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Sumsel.

Dia mengatakan, fasilitas akan ditempatkan di kawasan Jakabaring Palembang menjadi sebuah komplek olah raga.

Dia menyebutkan, diantaranya, kolam renang indoor berstandar internasional yang dilengkapi pengaturan suhu air, dan kedalaman kolam dari 1 meter hingga 50 meter.

"Untuk pembangunan kolam renang ini, Provinsi Sumsel bekerja sama dengan perusahaan ternama Omega, sehingga fasilitas yang diberikan sangat lengkap seperti kolam untuk pemanasan, kolam untuk bertanding, hingga beberapa menara untuk pertandingan renang indah," ujar dia.

Kemudian, dia melanjutkan, Provinsi Sumsel juga menyediakan venues untuk olah raga air dengan luas 40 hektar.

"Di kawasan Jakabaring ini terdapat danau yakni Danau OPI yang akan dipercantik lagi dengan mengadakan pelebaran, sehingga dapat digunakan untuk olah raga dayung, voli pantai, dan ski air. Sehingga, fasilitas yang dibangun ini, dipastikan menjadi yang terbaik di Asia karena lintasan dayung yang disedikan dengan panjang 2.300 meter dan lebar 100 meter," ujar dia.

Alex melanjutkan, Sumsel juga akan membangun lapangan tembak berskala internasional yang fasilitasnya melebihi lapangan tembak yang dimiliki Korea Selatan..

"Korea yang menjadi tuan rumah Asian Games hanya memiliki lapangan tembak dengan jarak maksimal hingga 300 meter, tapi yang akan dibangun Sumsel nanti adalah lapangan tembak berjarak hingga 600 meter," ujar dia.

Selain menyediakan fasilitas yang diperuntukan untuk menyokong pertandingan, komplek olah raga Jakabaring yang direncanakan Sumsel itu juga mendirikan lapangan golf berskala internasional, mess atlet semi apartemen, gedung serba guna, gedung penelitian olah raga, serta gedung trans sriwijaya studio.

"Mungkin untuk kali pertamanya event SEA Games selevel diselenggarakan dalam satu kawasan, karena selama ini, biasanya venue tempat atlet bertanding saling berjauhan," ucap dia.

Mengenai kepastian rampungnya fasilitas itu, Alex berani menjamin pada akhir tahun 2010 telah mencapai 60 persen, dan pada Juli 2011 telah rampung.

"Saat ini boleh dilihat memang masih rawa-rawa, tapi nanti pada saat lima bulan sebelum SEA Games digelar, kawasan Jakabaring telah berubah menjadi sebuah komplek olah raga bertaraf internasional," ujar mantan bupati Kabupaten Musi Banyuasin ini.

Dan untuk mewujudkan hal ini, dia melanjutkan, Provinsi Sumsel tidak menggunakan dana APBD, tapi mengunakan kerja sama dengan pihak ketiga.

"Ini sebuah master plan yang sangat berguna untuk kemajuan Provinsi Sumsel. Setelah event SEA Games selesai dilaksanakan, Sumsel harus menjadi pusat pembinaan olah raga nasional," ujar dia.
(U005*B014/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010