Teheran (ANTARA News) - Iran berencana membangun 10 fasilitas pengayaan uranium baru pada Tahun Iran mendatang, menurut kepala tenaga atomnya, dalam komentar-komentar yang tampaknya akan terus meningkatkan ketegangan dengan negara-negara Barat.

Pengumuman itu disampaikan oleh Ali Akbar Salehi, Minggu malam, yang terjadi setelah Presiden Mahmoud Ahmadinejad sebelumnya menginstruksikan Organisasi Tenaga Atom Iran, untuk mulai bertugas untuk memproduksi bahan bakar nuklir kelas tinggi, untuk reaktor risetnya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Iran akan mendirikan 10 pusat pengayaan uranium pada tahun depan," kata televisi negara Al Alam, mengutip pernyataan Salehi yang disiarkan di laman Internetnya.

Rakyat Iran memulai tahun barunya pada 21 Maret mendatang.

Iran pada November lalu mengumumkan rencana-rencana untuk membangun 10 pabrik pengayaan uranium baru, dalam perluasan besar-besaran pada program atomnya. Namun, pihaknya tidak menjelaskan kapan dilakukannya.

Negara-negara Barat khawatir program nuklir Iran adalah bertujuan untuk membuat bom atom. Namun berkali-kali Teheran membantah tuduhan tersebut, dan menegaskan bahwa program nuklirnya untuk mencukupi kebutuhan listrik di dalam negeri.(H-AK/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010