Semarang (ANTARA News) - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Bambang Riatmodjo, memerintahkan anggotanya untuk memeriksa wasit Dedi Wahyudi yang memimpin pertandingan PSIS Semarang melawan Mitra Kukar Tenggarong di stadion Jatidiri Semarang, Jumat petang, karena dinilai tidak adil.

Selain Wasit Dedi Wahyudi dari Denpasar, asisten wasit I Fajar Riyadi (Yogyakarta), Asisten Wasit II Sutopo (Denpasar), dan Pengawas Pertandingan Chairul Adil (Jakarta) juga diperiksa polisi.

"Sebelum mereka pulang, saya perintahkan anggota saya untuk memeriksa mereka karena ada gejala yang mencurigakan. Apabila dalam pemeriksaan ternyata ada indikasi pelanggaran pidana tentunya akan kita tindak lanjuti," kata Kapolda usai pertandingan kedua tim tersebut.

Menurut dia, kalau wasit bertindak tidak adil tentunya akan memancing emosi penonton. Kapolda ingin sepak bola di Jawa Tengah ini maju sehingga wasit yang memimpin pertandingan dan merugikan tim tentunya baik itu tuan rumah atau tamu tentunya akan diperiksa.

Ia mengatakan, banyak kejadian yang menunjukan ketidakadilan dari kepemimpinan wasit tersebut, seperti seharusnya bola yang jatuh di daerah pertahanan tim tertentu dan ada seorang pemain yang tidak berdiri dalam posisi off side, dianggap off side.

"Saya lihat dengan jelas hal itu karena saya berdiri di atas (tribune atas) sehingga tahu garis-garisnya dengan jelas," katanya menegaskan.

Pada jeda pertandingan babak pertama, Kapolda Jateng sempat turun ke bawah di sentle band Stadion Jatidiri dan berbicara kepada pengawas pertandingan.

"Saya tadi memperingatkan kepada wasit untuk memimpin pertandingan ini dengan adil dan tegas," katanya.

Kapolda meminta kepada anggotanya agar saat temu teknik menjelang pertandingan ternyata wasit yang akan memimpin pertandingan itu ternyata sudah pernah memimpin pertandingan sepak bola di Jawa Tengah dan bertindak tidak adil, harus ditolak.

"Kami bisa tidak mengeluarkan izin pertandingan jika wasit tidak adil itu memimpin kembali pertandingan di sini," katanya.
(U.H015/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010