Mataram (ANTARA News) - Perusahaan tambang Newmont menempati peringkat 16 dari 100 perusahaan terbaik dunia, versi majalah Corporate Responsibility.

"Pengakuan ini merupakan penghargaan atas komitmen seluruh karyawan Newmont, manajemen, dan para pemegang saham yang terus menerus terhadap penerapan nilai-nilai perusahaan," kata Vice President and Chief Sustainability, Dave Baker.

Dalam memo internal dari kantor pusat Nemont di Denver, Colorado, AS, yang juga diterima ANTARA di Mataram, Jumat, menyebutkan, penentuan peringkat ini didasarkan atas analisis lebih dari 360 poin data informasi umum.

Informasi umum tersebut memuat tujuh kategori yang mencakup lingkungan hidup, perubahan iklim, filantropi, hubungan karyawan, kinerja keuangan dan tata kelola perusahaan.

Para pihak yang berkepentingan, dari investor, karyawan hingga pembuat kebijakan, memantau daftar 100 warga korporasi terbaik ini untuk memberikan penilaian atas kinerja suatu perusahaan.

Selain Newmont, sejumlah perusahaan terkemuka yang termasuk dalam daftar 20 besar antara lain, Hewlett-Packard, Intel, Coca-Cola, IBM dan Microsoft.

Menurut Baker, peringkat ini melengkapi prestasi yang telah diraih sebelumnya dimana Newmont terpilih dalam Indeks Sustainabilitas Dow Jones (DJSI) Dunia pada 2009, atau yang ketiga kalinya secara berturut-turut.

Pada 2007, Newmont menjadi perusahaan emas pertama yang tercantum pada DJSI Dunia. Selain itu, Newmont terpilih masuk dalam Indeks DJSI Amerika pada 2006, 2007, 2008 dan 2009.
(A058/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010