Jakarta (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama pada masa kecilnya tinggal di Jakarta dan tahun 1968 masuk SD Asisi sebagai siswa angkatan kedua. Sekolah yang terletak di Jalan KH. Ramli, Menteng Dalam, Tebet Jakarta itu berdiri tahun 1967.

Dalam buku besar siswa, nama Obama tertulis sebagai Barry Soetoro dan beragama Islam. Kewarganegaraan Obama tertulis sebagai warga negara Indonesia. Sayangnya buku yang berisi daftar nilai Obama tidak ada.

Selama tiga tahun bersekolah di Asisi, Obama paling banyak menempati ruang yang sekarang menjadi ruang kelas 6B. "Kondisi ruang kelas masih sama," kata Yustina Amirah kepala sekolah SD Fransiskus Asisi (SD Asisi) saat ditemui di kantornya, Rabu.

Namun, bangku-bangku sekolah sudah diganti. Hanya ada satu bangku jaman Obama sekolah yang masih dipertahankan. Menurut salah seorang siswa kelas 6B, semua siswa akan menempati bangku itu, karena setiap minggu tempat duduk siswa berubah.

Dalam ruang kelas terdapat foto Obama bersama istrinya Michelle. Foto itu merupakan hadiah dari Kedutaan Besar AS yang diberikan saat Obama dilantik menjadi presiden. Foto Obama (tanpa istrinya) juga dipajang di ruang kepala sekolah.

Menurut keterangan Yustina, awalnya jumlah guru di Asisi hanya dua orang dengan enam ruang kelas. Sekarang jumlah guru sebanyak 38 orang dengan 18 ruang kelas. Jumlah murid Asisi sekira 500 orang.

Yustina mengaku pihaknya sudah mengadakan persiapan untuk menyambut kedatangan Barrack Obama, meski belum mendapat informasi mengenai rencana kunjungan Obama ke mantan sekolahnya.

"Tetap saja kita ada persiapan," kata Yustina. Pihak sekolah akan mengajak murid-murid Asisi menyambut Obama. Mereka juga akan sudah mempersiapkan acara kesenian.

Bangga dan Terkenal
"Obama menjadi inspirasi bagi anak-anak. Murid Asisi jadi presiden, mereka akan berpikir 'aku juga bisa dong'," kata Yustina saat ditanya pendapatnya mengenai Obama.

"Saya merasa bangga karena Obama menjadi presiden Amerika Serikat," kata Paskal Anas murid kelas 6 SD Asisi. Paskal mengaku tidak ingin menjadi presiden. Namun, dia ingin tinggal dan bekerja di Amerika.Berbeda dengan Gloria Renata, siswa kelas 3 yang mengaku ingin menjadi presiden.

"Asisi jadi terkenal," kata Dona Panjaitan, orang tua murid SD Asisi saat ditanya pendapatnya mengenai Obama yang pernah bersekolah di SD Asisi. Kedua anak Dona bersekolah disana. Mereka duduk di bangku kelas 1 dan kelas 6 SD.

SD Asisi menjadi terkenal karena Obama pernah bersekolah disana. Hampir setiap hari wartawan datang ke sekolah.

"Hari ini ada wartawan datang langsung dari Amerika," kata Antony satpam SD Asisi. Ketika ditanya wartawan dari media mana, dia tidak tahu. (ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010