Yogyakarta (ANTARA News) - Stasiun televisi TPI menggelar audisi atau ajang pencarian bakat khusus komedian Piala Duniatawa di gedung Mandala Bakti Wanitatama Yogyakarta pada 2-3 April 2010.

"Yogyakarta memang kontribusinya besar bagi dunia perlawakan di tanah air. Yogyakarta sebagai kota budaya banyak melahirkan komedian yang tidak asing lagi di dunia hiburan," kata produser Piala Duniatawa TPI Eric Camalagi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, tidak sedikit pelawak legendaris negeri ini berasal dari Yogyakarta. Minat masyarakat yang tinggi juga memperkuat keyakinan TPI bahwa dari penyelenggaraan audisi Piala Duniatawa di Yogyakarta dapat terjaring bibit-bibit "entertainer" baru.

"Piala Duniatawa adalah awal dari sebuah acara komedi di televisi. Acara itu merupakan gabungan dari sejumlah aktivitas seni yang bisa membuat pemirsa tertawa," katanya.

Ia mengatakan dalam audisi Piala Duniatawa tidak akan menampilkan tim pencela, tetapi menghadirkan tim penilai.

Tim penilai yang akan dihadirkan adalah Okky Lukman, Oppie Kumis, Olga Syahputra, dan Arie Untung. Sedangkan Komeng berperan sebagai sutradara.

"Untuk mengikuti audisi tidak ada batasan usia, jumlah anggota kelompok, jenis kelamin, dan pendidikan. Para calon peserta diperbolehkan menguji kemampuan dalam audisi, asalkan mampu melucu, dapat berimprovisasi, unik, dan layak jual," katanya.

Artinya, menurut dia, bagi siapa pun yang memiliki bakat menjadi komedian melalui melawak, tarian humor, musik humor, dan pantomim, dipersilakan mengikuti audisi ini.

"Melalui audisi akan dicari peserta terbaik dari seluruh kategori, baik secara perseorangan maupun kelompok. Namun, khusus kategori lawak, selain mencari kelompok pelawak, juga dicari perseorangan yang nanti akan digabungkan oleh dewan juri menjadi sebuah kelompok baru," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Promosi TPI Hadi Abdullah mengatakan Yogyakarta merupakan kota kedua untuk penyelenggaraan audisi, setelah Surabaya.

Audisi di Surabaya telah berlangsung pada 26-27 Maret 2010 dengan jumlah peserta sebanyak 115 orang.

"Audisi di Surabaya telah memilih lima kelompok terbaik yang berhak maju pada babak selanjutnya di Jakarta," katanya.

Setelah di Yogyakarta, menurut dia, audisi akan digelar di Bandung pada 9-10 April 2010 dan Jakarta (16-17 April 2010).

(U.B015/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010