Jakarta (ANTARA News) - Seorang remaja memperkarakan ibunya ke pengadilan karena membuka-buka halaman Facebooknya dan membaca  kehidupan pribadinya.

Denise New dituduh melakukan pelecehan oleh putranya, Lane (16).  Anak kandung itu bahkan memperkarakan ibunya dengan pasal kriminal karena "mengintip" Facebook Lane.

Seperti diberitakan Daily Mail, si remaja juga menuduh ibunya mengganti password Facebooknya ketika dia tidak sengaja meninggalkan komputer dalam keadaan menyala.

Lane juga menuduh ibunya menulis komentar kasar dan mengganti password emailnya sehingga dia tidak bisa meng-up date- Facebooknya.

Dia mengadukan ibunya ke kejaksaan di Arkansas setelah bulan lalu ibunya dia duga melakukan perbuatan itu.

Jaksa penuntut menerima pengaduan Lane dan mendakwa Nyonya New lewat undang-undang pelecehan.
Ribut-ribut  high tech keluarga itu berawal ketika Lane secara tidak sengaja meninggalkan komputer saat mengunjungi ibunya di Arkadelphia.

Ibu berusia 42 tahun itu risau dengan  beberapa entri dalam akun facebook anaknya, misalnya ketika Lane menulis ngebut dengan kecepatan 95 mil per jam setelah ribut dengan pacar.

ia juga membaca beberapa posting, yang benar benar membuatnya gundah lalu  memutuskan untuk mengganti password  akun facebooknya agar Lane tak bisa lagi mengakses.

Ny New mengatakan dirinya hanya menjalankan tugas sebagai orang tua, dan melihat-lihat halaman facebook  adalah hal yang sama seperti menyuruh anaknya tidur.

Nyonya New mengatakan : "Anda punya hak yang sah  untuk memantau anakmu dan berbicara kepada anakmu di Facebook  dalam akun dia, akun anda atau akun siapun."

"Saya membaca hal hal dalam facebooknya mengenai bagaimana ia bisa pergi ke Hot Spring suatu malam dam mengendarai mobil dengan kecepatan 95 mph ketika pulang karena ia merasa kecewa pada pacarnya dan temannya lah yang  menghubungiku dan memberitahukanku tentang hal ini," kata Nyonya New.

"Hal ini membuat saya memulai ingin tahu lebih jauh tentang akun Facebooknya guna mengetahui apa yang sedang terjadi."

Anaknya tidak sependapat dengan pandangan sang ibu dan dia tidak ingin lagi berhubungan dengan ibunya.

Dalam pengaduannya, Lane menulis "Denise pertama-tama membobol akun facebookku dan mengubah kata kuncinya. ia juga merubah kata kunci surat elektronik milikku dan saya  tak bisa mengubahnya. ia memposting hal hal yang berisi fitnahan dan data pribadi mengenai hidup saya."

Jaksa Todd Turner menolak berkomentar dalam kasus ini tapi mengutip hukum pelecehan Arkansas tentang pelecehan yaitu jika pelaku berulang kali melakukan perbuatannya hingga membuat orang lain merasa terganggu.

Ny New yang memiliki hak berkunjung ke anaknya mengatakan akan menolak tuduhan tersebut di pengadilan pada bulan depan.

Ibunya mengatakan : saya akan menentangnya. Jika ini berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi, saya akan ladeni. Saya tidak akan menyerah. Menurut saya ini akan jadi preseden bagi para orang tua. (YUD/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010