Roma (ANTARA News/AFP) - Pelatih Inter Milan Jose Mourinho menolak berspekulasi tentang masa depannya, tetapi hari Selasa menjelaskan mengapa ia tidak merasa senang di Italia.

Inter Milan sedang mempersiapkan pertandingan terbesar mereka dalam 38 tahun, yakni menghadapi Bayern Munchen di final Liga Champions di Madrid hari Sabtu -- pertandingan final pertama mereka di kompetisi ini sejak 1972.

Tetapi, semua orang tampaknya ingin tahu di mana pelatih asal Portugal itu akan melatih di masa mendatang, dengan Real Madrid merupakan favorit besar untuk memboyongnya.

Tetapi, tanpa mengungkapkan apa yang akan dilakukannya, Mourinho mengatakan satu-satunya hal yang mendorong dia untuk pergi adalah kurangnya rasa hormat.

"Tidak ada masalah dengan kontrak saya atau uang, pada kenyataannya saya sedikit malu tentang berapa banyak yang saya dapat, mengingat di sana ada krisis," katanya.

"Masalahnya adalah kepuasan pribadi, merasa dihormati atau tidak di suatu negara sepak bola, tempat saya mempunyai banyak masalah.

"Saya tidak akan mengubah apa yang saya katakan beberapa hari lalu: tidak benar bahwa saya akan menjadi pelatih Real Madrid.

"Setelah final itu, saya akan memerlukan waktu dua atau tiga hari untuk berpikir secara tenang tentang masa depan saya.

"Memang Inter tidak dapat berbuat lagi untuk membuat saya merasa senang dan bernilai. Para pemain fantastis, saya empati pada para pendukung, setiap orang di klub tersebut fantastis."

Para pemainnya telah mengatakan mereka ingin menjadi juara Liga Champions untuk berusaha meyakinkan Mourinho agar tetap tinggal di klub tersebut, tetapi mantan bos Chelsea dan Porto itu mengatakan hal itu tidak akan membuat perbedaan.

"Hasil hari Sabtu tidak akan berarti apapun, itu tidak akan mengubah pengetahuan saya bahwa saya telah berbuat segala sesuatu yang mungkin.

"Inter tidak berutang apapun pada saya dan saya juga tidak berutang apa pun pada mereka, karena saya telah memberi segalanya.

"Saya tenang, hasil itu tidak akan mempengaruhi keputusan yang akan saya ambil tentang masa depan saya.

"Mengenai pengganti saya, klub memilih saya dan itu merupakan pilihan yang baik dan pada saat waktunya tiba untuk melakukan pilihan baru, mereka akan melakukan yang baik juga.

"Setelah final itu saya akan memikirkan tentang masa depan saya. Saya harus memikirkan nya, tetapi saya belum melakukannya.

"Sekarang ini saya adalah pelatih Inter dan saya mempunyai kontrak hingga 2012 atau 2013, saya tidak ingat yang mana (2012).

"Saya tidak ingin berbicara tentang pengganti saya, karena dia barangkali saya.

"Dimensi manusia banyak membantu dalam mengembangkan kekuatan pelatih.

"Orang yang bermain di tim ini telah menjadikan saya sebagai pelatih yang lebih baik dan mereka akan berbuat demikian lagi pada orang lain."

Mourinho juga mengungkapkan bahwa Inter telah memajukan rencana pergi ke Madrid selama dua hari karena letusan gunung di Eslandia.

Daripada terbang hari Jumat, mereka akan terbang hari Rabu.

"Saya lebih suka bekerja di sini (di kompleks latihan Inter), tetapi lebih baik tidak ambil risiko dengan gunung," katanya.

"Saya lebih suka melakukan perjalanan hari Jumat, tetapi sebaliknya kami akan pergi besok (Rabu," katanya.(*)

(Uu.S005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010