Jakarta (ANTARA News) - ReforMiner Institute mengharapkan kepada Menteri Keuangan yang baru, Agus Martowardoyo agar lebih akomodatif terhadap pengembangan sektor energi dan pertambangan.

Direktur ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto di Jakarta, Kamis mengatakan, latar belakang sebagai bankir diharapkan menjadi modal bagi Agus lebih memperhatikan sektor riil termasuk energi dan pertambangan.

"Agus diharapkan lebih akomodatif terhadap sektor energi terutama menyangkut ketentuan perpajakan," katanya.

Ia juga berharap, Menkeu baru itu membuat terobosan dalam hal fiskal khususnya menyangkut pembiayaan pemerintah untuk infrastruktur energi.

Pri Agung menambahkan, Agus bisa mencontoh Sri Mulyani yang selama menjabat Menkeu telah peduli dan mau mendengar masukan khususnya terkait asumsi makro APBN.

"Itu bagus dan perlu dilanjutkan," katanya.

Namun, lanjutnya, langkah Sri Mulyani yang terlibat terlalu jauh misalkan dalam hal kebijakan pengembalian biaya operasi migas (cost recovery) hingga menggulirkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) cost recovery sebaiknya tidak diikuti.

Pri Agung berharap banyak kepada Agus dan Wakil Menkeu Anny Ratnawati akan menjadi duet yang membawa sektor energi dan pertambangan berkembang lebih optimal.
 (K007/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010