Bandung (ANTARA News) - Maskapai Malaysia Airlines akan membuka penerbangan ke Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, setiap hari mulai 16 Juni 2010.

"Pembukaan rute baru ini merupakan upaya memperluas jaringan di Indonesia dengan menambah kapasitas, frekuensi dan memperkenalkan pesawat terbaru untuk rute itu," kaya manajer area Malaysia Airlines Roslan Ismail, di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Selasa.

Penerbangan pertama dari Bandara Husein akan dilakukan 16 Juli dengan rute Bandung-Kualalumpur dengan pesawat Boeing 737-400.

Tujuan pembukaan rute baru ke Bandung itu, kata Roslan, untuk meningkatkan pangsa pasar antara Indonesia dan Malaysia, selain itu meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang terbang bersama Malaysia Airlines ke berbagai destinasi seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, China, Australia, Inggris, dan ke beberapa negara Eropa.

Khusus untuk jalur Bandung-Kualalumpur, Malaysia Airlines menawarkan harga promosi mulai dari 49 dolar AS hingga akhir Juli untuk sekali jalan.

"Kami percaya akan memberikan pelayanan yang sangat berarti bagi para pelanggan dengan melayani rute ini plus 20 kilogram bagasi tanpa biaya," kata Roslan.

Dia mengatakan, Bandung akan menjadi tujuan keenam yang dilayani penerbangan nasional Malaysia setelah Jakarta, Bali, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Malaysia Airlines akan menghubungkan Jakarta 38 kali, Surabaya tujuh kali sepekan, Yogyakarta tiga kali, Denpasar 21 kali, Medan 12 kali dan Bandung tujuh kali per pekan.

"Malaysia Airlines tak hanya mengangkut wisatawan dari Kota Bandung saja, namun mendatangkan wisatawan dari mancanegara," kata Roslan.

Masuknya maskapai penerbangan Malaysia ke Bandung itu, makin meramaikan trafik penerbangan dari Kualalumpur, yang saat ini telah beroperasi Air Asia dengan tiga kali penerbangan sehari.

"Kami punya market tersendiri dan beda dengan pasar maskapai penerbangan yang telah ada di jalur itu. Bandung kota potensial untuk penerbangan kami sehingga wisatawan mancanegara bisa langsung ke Bandung," kata Distrik Sales Manager Malaysia Airlines Pintoko Rama Susanto.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung menyambut baik pembukaan rute Malaysia Airlines ke Bandung. Menurut Mulya kehadiran maskapai penerbangan itu dipastikan meningkatkan jumlah penumpang ke Kota Kembang.

"Maskapai penerbangan itu cukup terkemuka di Asia Tenggara dan memiliki jaringan pasar di luar negeri yang kuat, baik Australia, Eropa, Timur Tengah maupun negara lainnya. Penumpang mereka yang hendak ke Bandung tak perlu lagi transit di Bandara Soekarno Hatta sehingga menghemat waktu," kata Mulya Abdi.

Selain Malaysia Airlines, Avia Star juga akan membuka rute rute baru Bandung-Palembang dan Bandung-Pekanbaru mulai 10 Juli dengan pesawat ATR.

Dengan bertambahnya rute Bandung-Kualalumpur, saat ini Bandara Husein melayani lima penerbangan internasional dan tujuh penerbangan domestik.
(S033/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010