Surabaya (ANTARA News) - Pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia terus melakukan pendekatan terhadap pelatih asal Turki Fatih Terim, untuk meminta kesediaannya menangani tim nasional.

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid yang ditemui wartawan di Surabaya, Selasa malam, mengatakan kehadiran pelatih yang sukses membawa Turki menembus semifinal Piala Eropa 2008 itu, diharapkan bisa mengangkat prestasi Timnas di tingkat dunia.

"Memang betul PSSI berencana menggunakan tenaga Fatih Terim untuk membawa prestasi Timnas Indonesia ke tingkat dunia," katanya usai menemui sejumlah pengurus Pengurus PSSI Kota Surabaya.

Namun, Nurdin Halid belum bisa memastikan kesediaan Fatih Terim melatih Timnas Indonesia, tetapi peluangnya cukup terbuka.

Apalagi, pemerintah juga sangat tertarik untuk mendatangkan pelatih yang berkualitas sebagai upaya mengangkat prestasi sepak bola Indonesia yang beberapa tahun terakhir terpuruk.

"Bapak Presiden dan Menpora sudah memberi isyarat agar Timnas Indonesia ditangani pelatih asing berkualitas. Menpora yang ikut dalam kunjungan Presiden ke Turki beberapa waktu lalu, juga sudah menemui Terim untuk membicarakan hal itu," ujar Nurdin.

Menurut ia, PSSI sangat senang dengan kepedulian pemerintah terhadap prestasi sepak bola nasional dan mendukung gagasan untuk mendatangkan pelatih asing tersebut.

Nurdin menambahkan jika Fatih Terim bersedia menerima lamaran PSSI, pelatih berusia 56 tahun itu akan difokuskan untuk menangani timnas senior.

Sementara pelatih asing lainnya Alfred Riedl yang sebelumnya sudah dikontrak PSSI, ditugasi khusus menangani Timnas U-23 yang disiapkan untuk menghadapi SEA Games 2011 di Indonesia.

"Awalnya Riedl memang ditugasi menangani Timnas U-23 sekaligus senior, tapi kalau Fatih Terim jadi dikontrak, tugas Riedl akan dikurangi hanya untuk Timnas U-23 dan ditargetkan bisa merebut medali emas SEA Games," tambah Nurdin.

Sementara itu, pertemuan Nurdin Halid dengan pengurus PSSI Kota Surabaya membahas dualisme kepengurusan yang terjadi tubuh organisasi tersebut, yakni PSSI pimpinan Saleh Ismail Mukadar dan Wisnu Wardhana.

Nurdin Halid menegaskan PSSI hanya mengakui dan mensahkan Pengcab PSSI Surabaya yang diakui Pengurus Provinsi PSSI Jawa Timur, dan itu dimiliki kepengurusan Wisnu Wardhana.

"Semuanya sudah jelas. Jadi, silahkan Pak Wisnu Wardhana bersama pengurusnya menjalankan organisasi sesuai aturan yang ada," katanya.(*)
(T.D010/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010