Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta tim Indonesia masuk dalam papan atas perolehan medali dalam pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2011 yang akan diselenggarakan di Sumatera Selatan.

"Kalau mengenai target Presiden minta kita menjadi papan atas," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, seusai melakukan pertemuan dengan Presiden mengenai penentuan tuan ruman SEA Games 2011.

Tapi, kata Andi, para atlet pasti ingin menjadi juara. "Saya tahu teman-teman para atlet ingin menjadi juara, Jadi Insyallah kita akan sukses penyelengaraan dan prestasi. Ini menjadi tekad kita semua," katanya.

Sementara itu seusai rapat koordinasi persiapan SEA games 2011 di Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat awal tahun ini, disebutkan bahwa Indonesia menargetkan memperoleh 120 medali emas selama SEA Games pada 2011 dan menargetkan meraih posisi juara umum.

Pada SEA Games 2009 di Laos, Indonesia meraup 48 medali emas dan berada di peringkat tiga setelah Thailand dan Vietnam.

Menpora pada penghujung 2009 saat menghadiri pengukuhan Prof Dr Pratikno sebagai Guru Besar Fisipol UGM mengatakan, bukan tidak mungkin Indonesia menjadi juara umum SEA Games 2011.

"Kita boleh berbangga diri dengan prestasi yang ditorehkan atlet Indonesia pada SEA Games di Laos, sehingga bukan tidak mungkin pada 2011 kita menjadi yang terbaik di Asia Tenggara," katanya.

Andi dengan didampingi oleh Ketua Umum KONI Rita Subowo dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono guna menentukan tuan rumah SEA Games 2011 di Kantor Presiden, Selasa siang.

Pada rapat itu diputuskan bahwa SEA Games 2011 akan dilakukan di dua provinsi yaitu Sumatra Selatan --lokasi dilakukan pembukaan dan penutupan-- dan satu provinsi lagi akan ditetapkan kemudian dari tiga calon yang lain yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

SEA Games 2011 yang dijadwalkan dibuka pada 11 November 2011 itu akan menggunakan logo burung Garuda dan maskot Komodo, yang merupakan ciri khas Indonesia.

SEA Games yang akan berlangsung pada November 2011 diperkirakan diikuti oleh 6.000 atlet, 4.000 ofisial dan wartawan dari setidaknya 11 negara peserta --Indonesia, Brunei, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, Singapura, Filipina dan Timur Leste.(*)
(T.G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010