Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mendapat tawaran menjadi tuan rumah Youth Oliympic Games atau Olimpiade Remaja 2018. Tawaran itu datang dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge kepada Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo di sela-sela acara penyambutan peserta Olimpiade Remaja di Istana Presiden Singapura di Singapura, Sabtu.

Informasi dari Humas KONI Pusat menyebutkan tawaran itu disampaikan langsung oleh Rogge pada Rita Subowo. Rita merupakan anggota aktif IOC.

Keduanya sedang menghadiri Olimpiade Remaja yang saat ini berlangsung di Singapura. Acara tatap muka di Istana kepresidenan itu merupakan bagian dari kegiatan Olimpiade Remaja Pertama. Sebanyak 205 Ketua Komite Olimpiade Nasional masing-masing negara dan anggota IOC dijamu oleh Presiden Singapura S,R.Nathan.

"Jika berminat silahkan ajukan proposal pasti akan kami respon. Saya yakin negara anda akan bisa menjadi tuan rumah," ungkap Rita mengutip ucapan Rogge dalam perbincangan tersebut.

Namun Rita agak pesimistis Indonesia dapat terpilih menjadi tuan rumah, karena Olimpiade Remaja II tahun 2014 akan dilangsungkan di Benua Asia, yaitu di Nanjing, China.

"Saya pikir tidak akan mungkin Olimpiade Remaja akan berlangsung tiga kali berturut-turut di Asia," Kata Rita Subowo.

Meskipun demikian Rita Subowo menyatakan sangat menghargai tawaran Presiden IOC tersebut.

"Kami sangat menghargai tawaran yang disampaikan langsung oleh Jacques Rogge," ungkap Rita.

Dalam kesempatan tersebut Rita Subowo menyatakan rasa salut dan bangga atas penyelenggaraan Olimpiade Remaja Pertama di Singapura ini. Meski tergolong sederhana, namun Singapura mampu menhadirkan 205 negara pada Olimpiade Remaja pertama ini.

"Infrastruktur mereka sudah lengkap, Pemerintah dan masyarakatnya mendukung penuh penyelenggaraan Olimpiade Remaja ini," tutur Rita.

Sementara itu Ketua Kontingen Indonesia, Ade Lukman, menyatakan kontingen Indonesia sudah berada di perkampung atlet.

"Seluruh anggota kontingen dan atlet yang berjumlah 54 orang dalam keadaan sehat," papar Ade Lukman.

Atlet-atlet Indonesia baru akan mengawali pertandingan di Olimpiade Remaja I, pada hari Minggu. Mereka akan tampil pada pertandingan cabang olahraga bulu tangkis, tenis lapangan, dan renang.(*)

(ANT-133/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010