Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IV DPR Jafar Hafsah dipastikan menggantikan posisi Anas Urbaningrum sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR-RI.

"Iya, saya ditugaskan menduduki jabatan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR," kata Jafar Hafsah ketika dihubungi melalui telepon selulernya, di Jakarta, Minggu petang.

Menurut Jafar, sebagai kader Partai Demokrat dirinya harus siap pada saat mendapat tugas untukm membangun partai pemenang pemilu 2009 itu.

Informasi yang dihimpun, keputusan Jafar Hafsah menduduki jabatan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR-RI diputuskan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pada rapat terbatas di kediaman pribadinya di Perumahan Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (14/8) malam.

Rapat terbatas itu dihadiri sejumlah pengurus Partai Demokrat, meliputi anggota dewan pembina, ketua umum, wakil ketua umum, sekretaris jenderal, maupun menteri kabinat dari Partai Demokrat.

Menurut Jafar, dalam rapat terbatas tersebut Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat memutuskan menunjuk dirinya menggantikan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat dari beberapa nama yang diusulkan.

Dalam kesempatan tersebut, kata dia, Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar dirinya mampu bersinergi dengan pimpinan fraksi lainnya maupun pimpinan DPR.

Ketua Dewan Pembina juga meminta agar ketua Fraksi Partai Demokrat DPR mampu membangun komunikasi politik yang baik dengan semua pihak terkait baik di dalam maupun di luar lingkungan DPR.

Menurut dia, Ketua Dewan Pembina juga meminta agar Ketua Fraksi Partai Demokrat mampu bekerja keras dan cerdas dalam membangun partai.

"Iya, saya ditugaskan menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR. Saya tidak mau berkomentar banyak dulu, karena belum dilantik, nanti saja kala sudah dilantik," kata Jafar.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua membenarkan Mohammad Jafar Hafsah ditugaskan sebagai sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR menggantikan Anas Urbaningrum.

Menurut dia, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan restu kepada Jafar Hafsah untuk menduduki jabatan tersebut pada rapat terbatas di kediaman pribadi Yudhoyono di Cikeas, Bogor, pada Sabtu (14/8) malam.

"Pak Jafar Hafsah sudah bertemu dengan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan telah mendapat restu," kata Max Sopacua.

Menurut Max, restu dari Ketua Dewan Pembina menjadi pertimbangan utama bagi pimpinan Partai Demokrat dalam menetapkan seorang kadernya pada posisi ketua fraksi di DPR.

Mohammad Jafar Hafsah yang saat ini menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi IV DPR serta Ketua Departemen Kesejahteraan Rakyat Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat.

Sebelum berkarir di politik, Jafar Hafsah adalah birokrat yang berkarir di Departemen Pertanian hingga menduduki jabatan direktur jenderal.

Jafar Hafsah juga menduduki jabatan Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).
(R024/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010