Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI) manargetkan dua medali bagi atletnya yang diturunkan pada Asian Games (AG) 2010 di Guangzhou China, November mendatang.

Target tersebut dibebankan seiring dengan membaiknya prestasi atlet sepak takraw baik putra dan putri pada kejuaraan Kings Cup di Thailand bulan Juli lalu.

"Di King Cup mereka masuk posisi empat besar dan berhak. Hasilnya mengindikasikan peningkatkan prestasi yang cukup signifikan. Apalagi lawan-lawan yang dihadapi cukup berat," Sekjen PB PSTI Isnanta di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, guna memenuhi target yang dibebankan pihaknya akan meningkatkan kemampuan atlet dengan mengikutkan kejuaraan Vietnam Open, 13-16 September mendatang, khusus untuk tim putri.

Pada kejuaraan tersebut akan ada tiga dari empat tim terbaik dunia yang juga menjadi calon lawan Indonesia di Asian Games nanti, yaaitu Thailand, Cina, dan Vietnam sebagai tuan rumah.

"Ini merupakan start bagi kita, pasalnya dengan ikut, bisa memantau kekuatan tim lain," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, setelah melakukan uji coba, timnas sepak takraw Indonesia putra dan putri akan langsung menuju Thailand untuk melakukan training camp (TC).

Rencananya para atlet akan berada di negeri Gajah Putih tersebut selama satu bulan mulaii 17 September-17 Oktober. Selama

di Thailand timnas akan melakukan serangkaian pertandingan rutin yang banyak digelar di Thailand setiap akhir pekan.

"Mengapa Thailand? ya karena mereka memang salah satu kekuatan sepak takraw Asia. Terlebih lagi dengan mengikuti banyak pertandingan selama sebulan di sana akan mematangkan permainan para pemain

kita," kata Isnanta menegaskan.

Timnas sepak takraw Indonesia pada Asian Games di Guangzhou China hanya akan turun di dua nomor yaitu tim dan double event. Kedua nomor tersebut yang dinilai memiliki peluang besar untuk merebut medali.

"Mudah-mudahan dengan ketatnya peraturan, dimana tiap negara hanya diperolehkan tampil di dua nomor dari tiga nomor yang dipertandingan bisa membuka peluang medali kita lebih besar di kedua nomor tersebut," katanya dengan penuh keyakinan.

Cabang sepak takraw merupakan bagian dari 20 cabang yang akan diberangkatkan pada event empat tahunan itu selain balap sepeda, dayung, atletik, catur, renang, panahan dan voli pantai.

(B016/T009/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010