Jakarta (ANTARA News) - Ketua Sport Development KoI Djoko Pramono berharap agar atlet yang dipromosikan ke Asian Games XVI di Guangzhou, China, November 2010 mampu meraih prestasi maksimal.

"Tahun 2010 ada dua multi event hampir bersamaan yakni Asian Games XVI di China, November dan Asian Beach Games (ABG) II di Oman Desember. Atlet yang dipromosikan di kedua multi event tersebut harus bisa membagi waktu untuk menyuguhkan medali bagi Merah-Putih," ujar Djoko Pramono di Jakarta, Rabu.

Djoko mengakui, perjuangan atlet nasional di tahun 2010 ini cukup berat, terutama yang dipersiapkan di dua multi event. Dengan harapan saat tampil di Asian Games XVI maupun ABG para atlet tersebut sama-sama membuahkan hasil yang optimal.

Seperti halnya cabang bola voli pantai dan sepaktakraw sudah pasti atletnya harus berjuang di dua event tersebut. Dengan begitu bisa saja ketika tampil di Asian Games dapat dijadikan jenjang menuju ABG.

Bila jenjang waktu yang berdekatan bisa dipergunakan sebaik mungkin, maka tidak menutup kemungkinan dapat membawa nama harum bangsa dan negara di dua multi event internasional.

Djoko mengatakan, di Asian Games XVI Guangzhou dipastikan Indonesia menurunkan 244 atlet dari 25 cabang olahraga. Besarnya jumlah kontingen, sudah seharusnya diimbangi dengan perolehan medali emas.

Tahun 2006 di Doha, Qatar, Indonesia meraih dua medali emas, empat perak dan 14 perunggu. Pada Asian Games XVI di Guangzhou minimal dapat dipertahankan, kalau bisa dapat melampaui hasil yang diukir empat tahun sebelumnya.

Bila hal itu terjadi katanya, Indonesia tidak rugi menurunkan 244 atlet yang datang dari 25 cabang. Upaya memenuhi semua itu kontingen Indonesia yang semula akan menurunkan 20 cabang kini ditambah lima cabang lagi dari voli indoor, menembak, sofbol, menembak dan biliar.

Djoko berharap lima cabang tambahan itu mempunyai peluang yang sama untuk menyuguhkan medali bagi Indonesia. Pada setiap event yang diikuti cabang biliar dapat memetik medali.

Atas pertimbangan itulah cabang biliar diajukan masuk tim Asian Games XVI. Sedang cabang menembak, voli pantai dan sofbol minimal mampu menandingi kekuatan lawan disetiap pertandingan yang dilakukan.

Dengan harapan ketiga cabang tersebut pembibitan maupun pembinaan atletnya berjalan berkesinambungan setelah diturunkan di multi event empat tahunan Asia. Begitu juga dari 20 cabang sebelumnya yang sudah diajukan tampil ke Guangzhou.

(ANT-131/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010