Semarang (ANTARA News) - Tim renang Indonesia dijadwalkan tampil pada seri kejuaraan renang dunia di Singapura, pertengahan Oktober 2010, sebagai ajang uji coba sebelum turun pada Asian Games XVI di Guangzhou, China, November mendatang.

Manajer tim renang Indonesia, Hartadi Nurjojo, di Semarang, Jumat, mengatakan, semua perenang pelatnas kecuali Indra Gunawan yang saat ini berlatih di Hongaria turun pada kejuaraan dunia di Singapura mendatang.

Perenang Indonesia yang tampil di Singapura adalah Glenn Victor, Priadi Fauzi (Jabar), Guntur Pratama Putra (Jateng), Nicko Biondi, dan Siman Sudartawan (Bali).

Ia mengatakan, tidak ada target pada kejuaraan dunia mendatang karena target utama tim renang Indonesia adalah saat tampil pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia di Guangzhou.

"Kami harapkan mereka bisa memperbaiki catatan waktunya sehingga saat tampil pada Asian Games bisa mencapai target," katanya.

Ia mengatakan, Indonesia menargetkan meraih medali perunggu di China mendatang melalui nomor 4X100 meter gaya ganti putra.

Pada kejuaraan renang Hongkong Open, awal September 2010, untuk nomor itu berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 3 menit 47 detik.

Catatan waktu itu, katanya, masih jauh dari harapan karena catatan waktu terbaik mereka adalah 3 menit 41 detik yang dicapai saat tampil pada SEA Games XXV di Laos, Desember 2009.

Ia mengatakan, pada Asian Games mendatang tim renang Indonesia harus bisa mencapai catatan waktu lebih dari itu karena untuk bisa meraih medali perunggu harus bisa mencapai garis finish dengan catatan waktu 3 menit 40 detik.

Ia mengatakan, selain turun pada nomor beregu, perenang Indonesia bakal turun pada nomor spesialisnya masing-masing, seperti Glenn Victor turun pada nomor 50 meter gaya kupu dan 100 meter gaya punggung.

Guntur Pratama Putra turun pada nomor gaya bebas, Indra Gunawan turun pada nomor gaya dada.

"Memang mereka turun pada nomor perorangan tetapi harapan kami ada pada nomor beregu," katanya.

Usai tampil pada kejuaraan dunia di Singapura, katanya, perenang Indonesia masih akan tampil pada kejuaraan renang Indonesia Open akhir Oktober 2010. (H015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010