Jakarta (ANTARA News) - Kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia belum bisa dipastikan setelah dua kali ditunda. Obama sebelumnya berencana akan berkunjung pada November mendatang.

Juru Bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri Teuku Fauziasyah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, mengatakan, kunjungan Obama tetap akan dijadwalkan meski belum bisa diketahui waktu yang tepat.

"Belum ada rencana. Tetapi kunjungan tetap akan dijadwalkan dan dicocokan dengan agenda Presiden," ujarnya.

Presiden Obama telah dua kali menunda kunjungan ke Indonesia yang awalnya dijadwalkan pada Maret 2010 ditunda menjadi Juni 2010 akibat bencana tumpahan minyak di Teluk Meksiko. Kemudian, kunjungan itu diundur menjadi November.

Faiza mengatakan, rencana kunjungan Presiden Obama tidak disinggung oleh Duta Besar Amerika Serikat yang baru, Scot Alan Marciel, ketika bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika dia menyerahkan surat kepercayaan sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh.

Scot hanya menegaskan kedekatan hubungan antara Presiden Obama dan Indonesia sebagai salah satu nilai tambah hubungan kedua negara.
(D013*P008/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010