Denpasar, Bali (ANTARA News) - Indonesia sementara memimpin perolehan medali pada hari pertama Kejuaraan Karate Indonesia Terbuka ke-2 di Denpasar, Bali, Jumat, setelah mengumpulkan tiga medali emas, empat perak dan 10 perunggu.

Sementara Malaysia berada di posisi kedua dengan tiga emas, tiga perak, disusul tempat ketiga Vietnam dengan dua emas, satu perak dan dua perunggu.

Karateka kawakan Umar Syarief yang turun di kelas +84kg Kumite perorangan putra melengkapi medali ketiga bagi Indonesia, dimana sebelumnya Faisal Zainuddin yang turun di Kata perorangan putra dan atlet putri Yolanda Asmuruf di -68kg Kumite perorangan putri mempersembakan dua emas bagi Indonesia.

Atlet pelatnas Asian Games 2010 Umar Syarief pada final +84kg Kumite putra menundukkan atlet Malaysia Devaraj Venktesan yang meraih perak dengan skor 10-2, sedangkan atlet Brunei Mohd Djamil bin Hj Abdul Hamid dan atlet pelatnas SEA Games 2011 Robby Gunadi dari Indonesia merebut perunggu.

Indonesia pada kejuaraan karate yang disponsori oleh Bank BRI ini menurunkan dua tim yaitu tim A yang berisi atlet Asian Games dan tim B dari atlet SEA Games.

"Saya bangga bisa mempersembahkan emas bagi negara saya di kejuaraan ini, tapi jujur saya kurang puas dengan kejuaraan ini karena beberapa negara kuat seperti Jepang, Iran ataupun Korsel absen dari kejuaraan ini," kata Umar Syarief.

"Ini memang menjadi ujicoba saya menjelang Asian Games di Cina nanti, dan saya berharap masih bisa mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia di Asian Games nanti," tambah karateka yang mengaku Asian Games 2010 menjadi Asian Games terakhirnya.

Sementara itu medali perak Indonesia dipersembahkan oleh Fidelys (Kata perorangan putra), Yulianti Syafrudin (Kata perorangan putri), Hendro Salim (Kumite perorangan putra -84kg), Mardiah Nasution (Kumite perorangan putri +68kg).

Pada hari kedua kejuaraan karate Indonesia Terbuka, Sabtu, mempertandingkan nomor Kata beregu putra dan putri serta Kumit, dan pada hari kedua kejuaraan, Sabtu, Indonesia sudah memastikan merebut satu medali emas karena akan terjadi All-Indonesian final di nomor Kata beregu putra.(*)
(T.A020/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010