Palembang (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia mengusung target membawa Tim Nasional Indonesia U-23 menembus partai final sepak bola SEA Games XXVI tahun 2011, kata Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes di Palembang, Kamis.

"Sebagai tuan rumah SEA Games, PSSI menargetkan timnas menembus final sepak bola," kata dia.

Untuk itu, dia meminta PSSI Sumsel segera menyiapkan fasilitas SEA Games karena akan menjadi penyelenggara pertandingan final sepak bola.

"Sumsel dan DKI Jakarta dipercaya sebagai penyelenggara pertandingan SEA Games nanti. Kami telah meminta kedua provinsi untuk mempersiapkannya segera demi kepentingan tim nasional. Apalagi Sumsel yang menggelar partai final," ujar dia.

Menurut Nugraha, Indonesia selaku tuan rumah harus memperoleh keuntungan.

"Kita ingin timnas merasakan medan terlebih dahulu dibandingkan tim-tim dari negara lain. Artinya fasilitas berupa stadion harus segera dibereskan atau direnovasi," kata dia.

Namun, terkait dengan tempat pemusatan latihan Timnas U-23 nanti, dia mengatakan PSSI belum bisa memastikan.

"Jika pada SEA Games sebelumnya Palembang yang menjadi penyelengara pelatnas, maka untuk SEA Games nanti belum dapat kami pastikan karena akan digelar pertemuan dahulu," ujar dia.

Meskipun demikian, Nugraha tak membantah Kota Palembang sangat berpeluang terlebih PSSI Sumsel telah menyatakan kesediaan.

"Palembang memang diakui sangat representatif untuk menggelar pelatnas karena memiliki beragam fasilitas berskala internasional, tapi semua akan dirundingkan dahulu," kata dia.

Dia tak menampik, target untuk menembus partai final ini terbilang berat mengingat pada SEA Games sebelumnya Timnas Indonesia menjadi juru kunci grup.

"Hasil buruk pada SEA Games lalu menjadi pelajaran sangat berarti. Untuk itu kami akan menyiapkan timnas dengan matang dengan menggelar pelatnas jangka panjang sejak November 2010," kata dia.(*)
(ANT-039/R014/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010