Jakarta (ANTARA News) - Hasil kajian pemberitaan Charta Politika selama sepekan lalu menunjukkan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi tokoh terpopuler selama sepekan pemberitaan.

"Mahfud MD tampil menjadi tokoh terpopuler karena pernyataannya paling sering dikutip dan ditampilkan oleh surat kabar dalam sepekan ini periode 29 Oktober-4 November 2010," sebut hasil laporan kajian Charta Politika yang dikutip ANTARA, Senin.

Kajian itu menyatakan, Mahfud MD menggantikan Bambang Hendarso Danuri yang menjadi tokoh terpopuler pada periode sebelumnya.

Mahfud MD mengungguli tokoh-tokoh lain seperti Wakil Ketua DPR dari Priyo Budi Santoso, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, Ketua Fraksi PAN DPR Tjatur Sapto Edy dan Mantan Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra.

Hasil analisis media Charta Politika menunjukkan intensitas pernyataan Mahfud MD sebanyak 31 kali meninggalkan Priyo Budi Santoso di peringkat dua dengan jumlah pernyataan sebanyak 21 kali, Surono (17), Tjatur Sapto Edy (17) dan Yusril Ihza Mahendra (17).

Mahfud MD memberikan pernyataan di lima isu berbeda pada sepekan terakhir. Intensitas pernyataan tertinggi terdapat pada isu Dugaan Suap Hakim MK sebanyak 19 kali pernyataan.

Tone pernyataan Mahfud MD cenderung netral dan positif. Mahfud mengklarifikasi dan menentang segala tuduhan adanya praktik mafia kasus di lingkungan Mahkamah Konstitusi.

Bahkan, Mahfud siap mundur dari jabatannya jika ada mafia perkara yang melibatkan hakim MK, tetapi dirinya tidak bisa mengantar pelaku ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Intensitas pernyataan Mahfud MD terdapat pada empat hari selama sepekan. Jumlah intensitas tertinggi pernyataannya pada Rabu (3/11) dengan jumlah intensitas sebanyak 20 kali pernyataan. Sementara, rata-rata jumlah pernyataan di tiga hari lain hanya berjumlah empat kali.

(M041/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010