Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia berharap dapat meraih medali emas pada tujuh cabang olahraga yakni bulutangkis, wushu, boling, karate, dayung perahu naga, angkat besi, dan voli pantai pada Asian Games Ke-16 di Guangzhou, China.
12-27 November mendatang.

Ketua Umum KONI/KOI Pusat, Rita Subowo, mengemukakan hal itu pada jumpa pers Kontingen Indonesia di Jakarta, Senin.

Jumpa pers tersebut juga dihadiri pengurus cabang olahraga bulutangkis, boling, wushu. Rita menjelaskan bahwa prediksi itu didasarkan pada hasil yang dicapai Indonesia pada Asian Games di Doha, Qatar, 2006, dan evaluasi induk-induk organisasi olahraga tersebut. "Target kami memperbaiki peringkat Indonesia dari posisi ke-22 pada Asian Games di Doha, Qatar 2006 lalu," tutur Rita.

Rita meminta dukungan masyarakat agar para duta olahraga Indonesia dapat memenuhi harapan tersebut. "Untuk dapat mencapai harapan tersebut tentunya bergantung pada penampilan atlet-atlet kita di Guangzhou nanti dan doa dari seluruh masyarakat.

Tentang kritikan yang dilontarkan sejumlah pihak terkait dengan proyeksi perolehan medali emas tersebut, Rita meminta semua pihak agar menyingkirkan kepentingan masing-masing. "Saya mohon semua pihak mendukung kontingen Indonesia supaya atlet-atlet kita dapat berjuang maksimal bagi Merah Putih.

Rita juga menyatakan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memfasilitasi upaya menyiapkan kontingen Indonesia melalui Program Indonesia Emas (Prima). Program pelatihan prima yang baru sekitar tiga bulan dilaksanakan tersebut untuk atlet elite dan atlet-atlet junior di bawah 18 tahun.

Menurut Rita, untuk pertama kalinya disetujui pembinaan jangka panjang bagi atlet-atlet muda melalui progran Prima bagi atlet usia di bawah 18 tahun. Program bagi atlet junior ini dilaksanakan bersama-sama dengan Depdiknas, Program Pelatihan dan Pembinaan Pelajar (PPLP), serta KONI Provinsi.

"Kepada KONI-KONI Daerah kami telah meminta mereka agar mengubah visi yang dianut selama ini dalam pembinaan atlet. Kalau selama ini KONI Daerah targetnya pada PON, maka sekarang diubah sasarannya menjadi Olimpiade," kata Rita.

Dijelaskan oleh Rita bahwa dengan biaya yang sama yang dikeluarkan oleh KONI Daerah, bukan mustahil seorang atlet binaannya dapat meraih medali Olimpiade. "Kami berharap Indonesia dapat meloloskan atletnya ke Olimpiade melalui babak kualifikasi. Target kami pada Olimpiade London 2012 dapat kita loloskan 50 atlet dan selanjutnya pada Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil kita dapat meloloskan 100 atlet," Rita menambahkan.

Indonesia akan mengirimkan 212 atlet yang akan ambil bagian dalam 25 dari 42 cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games Ke-16 nanti.

Kontingen besar Indonesia akan bertolak menuju Guangzhou dari Jakarta pada Rabu pagi, menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Pada Asian Games Ke-15 di Doha, Qatar, 2006, Indonesia meraih 2 medali emas, 4 perak, 14 perunggu, dan menempati peringkat ke-22.(*)
(T.A016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010