Jakarta (ANTARA News) - Ani Yudhoyono memperkenalkan karya seni dan budaya Indonesia kepada Michelle Obama saat ibu negara AS itu mendampingi suaminya melakukan lawatan kurang dari 24 jam di Indonesia.

Khusus untuk memaksimalkan upaya promosi karya seni dan budaya itu, lantai satu Wisma Negara, Jakarta, Selasa, telah diubah menjadi sebuah ruang pameran.

Dengan didampingi oleh  Okke Hatta Rajasa dan  Sranya Natalegawa, Ani yang petang itu mengenakan kebaya dan kain biru membawa Michelle Obama menyusuri gerai budaya Indonesia.

Diawali dengan gerai yang memamerkan berbagai karya seni masyarakat Aceh, kemudian berturut-turut adalah Minangkabau, Palembang, Lampung, Sulawesi, Kalimantan dan Jawa.

Di setiap gerai, Michelle yang khusus dalam kunjungannya ke Indonesia mengenakan celana panjang berwarna hitam dan baju panjang merah marun terlihat cukup antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan.

Sesekali ia turut memegang barang yang ditampilkan dan bertanya mengenai cara pembuatan atau bahan yang digunakan.

Saat diperkenalkan pada perhiasan dengan motif asli Indonesia, ibu dua anak itu tampak heran melihat ukurannya yang serba besar.

IAni kemudian menjelaskan bahwa perhiasan yang rata-rata terbuat dari emas itu merupakan penghias kebaya yang dipakai memanjang dari bagian dada hingga perut sehingga cukup besar.

Sebelumnya, saat mendampingi Barack Obama melakukan lawatan ke India, Michelle juga tampak antusias mengenal budaya India, termasuk ikut menarikan tarian khas India.

Di Indonesia, Michelle diperkenalkan kepada batik, songket, aneka kain tenun serta sejumlah kesenian rotan Kalimantan.

Tidak hanya seni tradisional Indonesia, pada kesempatan itu juga ditampilkan sejumlah karya desainer papan atas Indonesia, seperti Sebastian Gunawan.

Pada kesempatan itu, Michelle Obama juga sempat mencoba membatik dengan iringan musik sasandau.

Wanita kelahiran 17 Januari 1964 itu membatik motif kawung di atas sehelai kain putih dengan didampingi Ibu Ani yang membatik dengan motif parang.

Seusai menyelesaikan lawatannya di Indonesia, Rabu siang, Michelle dijadwalkan kembali ke negaranya sementara Obama menuju Korea Selatan dan Jepang untuk menghadiri pertemuan puncak G20 dan APEC.
(G003/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010