Yokohama (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono pada Minggu siang menghadiri deklarasi kesepakatan pertemuan kepala pemerintahan negara-negara anggota forum kerjasama ekonomi Asia Pasifik di kompleks Pacifico Yokohama.

Wapres Boediono mewakili Presiden Susilo bambang Yudhoyono yang kembali ke Tanah Air pada Sabtu (13/11).

Rencananya selama di Jepang hingga 17 November mendatang, Wakil Presiden Boediono akan bertemu dengan masyarakat Indonesia di Jepang, bertemu PM Jepang Naoto Kan, perwakilan badan-badan kerjasama pembangunan Jepang dan mengunjungi Kobe untuk melihat pusat penanganan bencana alam Jepang.

Wapres Boediono dan Ibu Herawaty Boediono tiba di Narita Jepang sekitar pukul 09:00 waktu setempat atau pukul 07:00 WIB dan langsung menuju pertemuan APEC di Yokohama dengan jarak tempuh satu jam.

KTT APEC di Jepang akan ditutup pukul 14:00 waktu setempat ditandai dengan makan siang. Semula deklarasi KTT APEC akan dibacakan pada pukul 15:00 waktu setempat namun diubah jadwalnya menjadi 12:15 waktu setempat.

Deklarasi APEC 2010 diberi nama Yokohama Vision Bogor and Beyond. Pembacaannya disampaikan oleh PM Jepang Naoko Kan selaku tuan rumah diikuti oleh 18 Pemimpin Negara dan 2 pemimpin kekuatan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

Dalam deklarasi itu disebutkan visi dari komunitas APEC adalah komunitas ekonmi yang terintegrasi yaitu komunitas yang mempromosikan ekonomi regional yang kuat dan dalam.

Juga dideklarasikan visi komunitas yang terus berkembang yaitu komunitas dengan pertumbuhan yang tinggi. Komunitas yang aman yaitu komunitas yang memiliki keamanan lingkungan ekonomi.

Para pemimpin juga sepakat menyatakan untuk menyiapkan langkah menuju pencapaian visi tersebut.

Wakil Presiden Beodiono dijadwalkan akan menyampaikan keterangan pers di Tokyo kepada wartawan Indonesia yang ikut serta dalam rombongan resmi.
(T.P008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010