Air Force One (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, mengadakan pertemuan empat mata yang tidak dijadwalkan di sela-sela Konperensi Tingkat Tinggi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (KTT NATO) di Lisabon, Portugal.

"Mereka berkesempatan untuk memasuki sebuah ruang sebelah sidang sendirian dan melakukan pembicaraan antara 15 sampai 20 menit," kata juru bicara Gedung Putih, Ben Rhodes, kepada para wartawan di atas pesawat kepresidenan AS, Air Force One, pada saat terbang menuju Washington.

"Itu adalah pertemuan tidak resmi, dan tidak direncanakan," ujarnya seperti dikuip AFP.

Obama Sabtu malam meninggalkan Portugal setelah menghadiri KTT dengan sekutu NATO dua hari dan mitra-mitra Uni Eropa, kata seorang juru bicara Gedung Putih.

Pesawat kepresidenan meninggalkan bandara internasional Lisabon pada sekitar 20:30 GMT dan diperkirakan akan mendarat di AS pada sekitar pukul 22:00 waktu setempat, menurut jadwal harian presiden.

KTT NATO usai pada akhir pekan dengan kesepakatan para pemimpin untuk mengakhiri perang di Afghanistan dalam tempo empat tahun, dan berhasil menang atas Rusia untuk bekerja sama dalam mengembangkan perisai anti-rudal Eropa.
(Uu.H-AK/H-RN/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010