Jayapura (ANTARA News) - Ratusan murid-murid Sekolah Dasar (SD) beratribut lengkap dengan memegang bendera merah putih kecil siap menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jayapura, Papua, Minggu sore.

Kepala Negara yang disertai sejumlah menteri dijadwalkan tiba di Jayapura, Minggu (21/11) petang ini untuk kunjungan kerja selama dua hari.

Di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan dari Bandara Sentani ke Abepura dipenuhi anak-anak SD, ditemani oleh guru dan orang tua murid.

"Iya, saya temani anak saya sambut kedatang Pak SBY," kata Lusye Rori ,salah seorang dari orang tua murid yang ikut menyambut kedatang Presiden Yudhoyono.

Ratusan anak SD tersebut tersebar, dibeberapa titik seperti di depan Masjid Al-Aqsa Sentani, depan pertokoan di Waena, dan di Abepura.

Selain itu, dikiri-kanan jalan dari bandara Sentani ke Abepura dihiasi ratusan umbul-umbul dan baliho ucapan selamat datang kepada rombongan Presiden dan rombongan Badan Eksekutif mahasiswa se-Indonesia yang akan berkumpul di Jayapura.

Beberapa lokasi strategis yang menjadi rute perjalanan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungannya di Jayapura juga dijaga aparat.

Di beberapa lokasi seperti pintu keluar Bandara Sentani, kampung Harapan, batas kota Expo-Waena, Pertigaan Jalan perumnas I, dan di depan Kampus Uncen Abepura dan beberapa lokasi lainnya, tampak para petugas keamanan berseragam loreng dan bersenjata lengkap sedang berjaga-jaga.

Sebelumnya, kurang lebih 1.800 personil gabungan TNI AD, AL, AU serta Kepolisian, yang akan mengamankan kedatangan Presiden SBY menggelar upacara kesiapan pasukan di lapangan Brimobda Papua di Kotaraja, Jayapura.

Presiden dan rombongan dijadwalkan tiba di Jayapura, Minggu sore, dan akan melakukan serangkaian kegiatan diantaranya membuka pertemuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-nusantara di Universitas Cenderawasih Jayapura.

Selain membuka pertemuan BEM se-nusantara di Jayapura, Presiden juga akan memberi pengarahan dalam pertemuan Penguatan Kapasitas Keuangan Daerah yang rencananya digelar di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua pada Minggu (21/11) malam.

Dalam acara tersebut, akan dilakukan penandatanganan pakta integritas bersama pihak DPRD, bupati/walikota maupun pimpinan daerah antara Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Kedatangan Presiden ke Papua, akan didampingi pejabat Eselon I, antara lain dari KPK, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan.
(T.ANT-185/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010