Denpasar (ANTARA News) - Rob Rambini, putra salah seorang pianis terkenal Trisutji Kamal, berlayar seorang diri menggunakan kapal tipe Jensen Marine Cal 30 dari California, Amerika Serikat, menuju Pulau Bali.

Rob dalam siaran persnya yang diterima ANTARA di Denpasar, Sabtu berharap, dirinya menjadi orang pertama Indonesia yang bisa menempuh pelayaran seorang diri dari California ke Bali.

Warga Negara Indonesia kelahiran Roma, Italia dan hidup puluhan tahun di AS itu mengatakan, pelayaran dimulai 8 Mei 2010 lalu dari Oakland, California.

"Dari Oakland saya menuju Honolulu, Hawaii. Kemudian mengarah ke selatan, melalui rute Kepulauan Solomon, Vanuata dan Laut Coral, sehingga akhirnya merapat di Port Moresby, Papua New Guniea," katanya.

Dia menjelaskan, setelah merapat di Port Moresby, dirinya beristirahat sejenak, kemudian melanjutkan perjalanan kembali pada 12 November, dan diperkirakan akan sampai tidak lama lagi di Bali.

"Saya berharap pelayaran ini bisa dijadikan sebagai momen meningkatkan pariwisata pelayaran di Indonesia. Selain itu, tentu jika berhasil maka ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya, maupun seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Selain berharap, Rob juga mengaku jika pelayaran dengan kapal yang diberi nama "Kona" kali ini merupakan sebuah perjalanan yang terhebat dalam hidupnya selama ini.

Ia juga mengungkapkan, pengalaman buruk yang dialaminya dalam perjalanan dari San Fransisco menuju Hawaii.

"Dalam perjalanan itu, kapal saya diterjang badai dengan kecepatan 92 km/jam selama dua hari berturut-turut," ujarnya.

Akibat peristiwa itu, ucapnya, kapalnya mengalami kerusakan parah pada beberapa bagian sehingga membuat perjalanan menuju Hawaii menempuh waktu selama dua bulan.

Selain mengalami kerusakan kapal akibat terjangan badai, katanya, dia juga mengalami kekurangan bahan makanan saat menuju Port Moresby dari Hawaii, namun untungnya berhasil merapat di wilayah tersebut.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010